Dua Desa di Nias Dilanda Banjir, BPBD Lakukan Evakuasi Warga  

MEDANHEADLINES.COM – Banjir setinggi 50 sentimeter melanda wilayah Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Senin (26/9) pukul 17.30 WIB. Peristiwa ini terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.   

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan terdapat dua desa terdampak yakni Desa Lolozasai dan Desa Lasara Idanoi di Kecamatan Gido. Sebanyak 21 rumah terdampak atas kejadian ini. 

BPBD Kabupaten Nias bersama tim segera menuju lokasi sesaat setelah kejadian. Upaya evakuasi warga terdampak juga segera dilakukan terutama kaum rentan. Koordinasi lanjutan juga terus dibangun antar instansi terkait guna percepatan penanganan darurat. 

Pantauan visual dilapangan, banjir kini mulai berangsur surut. Kondisi jaringan seluler dan pasokan listrik juga tidak terganggu. 

Berdasarkan informasi BMKG mengenai peta prakiraan curah hujan Dasarian III September 2022, untuk wilayah Nias, Sumatera Utara masuk dalam kategori menengah. Oleh karena itu, diharapkan bagi warga untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Salah satunya, warga dapat melakukan pengecekan secara berkala terhadap kenaikan debit air ketika hujan deras dengan intensitas tinggi dan berdurasi lama. Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi ancaman bahaya hidrometeorologi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.