Sumut  

Tips Tangkal Hoax Ala GP Ansor Sumut

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumatera Utara mengajak masyarakat untuk tidak mudah mempercayai berita bohong (hoax). Karena berita hoax dipastikan dibuat oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk memecah belah dan membuat kekisruhan.

Ketua PW GP Ansor Sumut, Adlin Umar Yusri Tambunan membagikan tips menangkal informasi hoax baik di media mainstream maupun di media sosial.

“Saat menerima informasi, jangan langsung percaya akan informasi tersebut. Jangan langsung menyebarkannya ataupun berkomentar tentangnya. Chross check terlebih dahulu keaslian informasi tersebut,”ungkapnya.

Terkhusus berita hoax soal “Menag Yaqut: Haji dibatalkan dulu tahun ini uangnya dipakai untuk bangun IKN Nusantara”. Adlin sangat menyayangkan dan meminta oknum penyebar hoax segera di tindak.

“Hoax tidak bisa diterima dimanapun, oknumnya harus ditangkap dan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,”ucapnya.

Selain itu, Adlin juga mengajak masyarakat untuk melihat pengirim pesan dan mencari informasi yang relevan dan terpercaya.

“Hati-hati dengan judul yang provokatif dan cermati keaslian tulisan, foto dan video jika disertakan,”jelasnya.

Wakil Bupati Serdang Bedagai ini juga menambahkan agar masyarakat ikut tergabung dalam group diskusi anti hoax dan tidak mudah percaya dengan suatu hal tanpa melihat fakta.

“Berfikir logis dan memiliki pendirian serta membaca berita pada sumber yang terpercaya,”ujarnya.

beredar tangkapan layar berita daring yang judulnya menarasikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut haji tahun 2022 dibatalkan, dan dananya digunakan terlebih dahulu untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Tangkapan layar itu beredar di media sosial. Akun Facebook Sultan Sultan membagikan tangkapan layar tersebut pada Rabu, 30 Maret 2022. Narasi pada judul “Menag Yaqut: Haji dibatalkan dulu tahun ini uangnya dipakai untuk bangun IKN Nusantara”.

Faktanya, judul artikel yang beredar telah diedit. Pada artikel yang sebenarnya Menaq Yaqut menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menghentikan pemberangkatan jamaah umrah yang telah dibuka sejak 8 Januari 2022. Pernyataan itu disampaikan Yaqut untuk meluruskan kabar penghentian sementara pemberangkatan jamaah umrah yang sebelumnya disampaikan Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.