Tips dan Trik Bisnis di Era Digital

MEDANHEADLINES.COM – Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara kembali bergulir bertajuk “Tips dan Trik Bisnis di Era Digital”.

Pada webinar yang menyasar target segmen mahasiswa, dihadiri oleh sekitar 713 peserta daring. Hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Dr. Ir. Soni Trison, S.Hut, M.Si, Akademisi IPB; Muhaimin, S.IP, MA, CEO Nextup ID; Sulindawaty, S.Kom, M.Kom, Dosen STMIK Pelita Nusantara; dan Dr. Junita, M.Pd, M.Kom.I, Kepala Bidang Pengabdian LPPM Univ. Labuhanbatu.



Pada Sesi pertama, Dr. Ir. Soni Trison, S.Hut, M.Si menyampaikan bisnis digital bagaimana kita menjadi orang kuat, kita diminta untuk mempercepat mengikuti perkembangan era digital.

“Mindset adalah kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan atau cara berfikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya menentukan level keberhasilan hidupnya,” ujarnya.

Giliran pembicara kedua, Muhaimin, S.IP, MA mengatakan beberapa keuntungan transaksi online yang sangat bermanfaat untuk kita diantara menghemat waktu, aman, bisa dilakukan kapan saja, cepat, dan mudah.

Tampil sebagai pembicara ketiga, Sulindawaty, S.Kom, M.Kom menjelaskan setiap melakukan kegiatan digital harus dipertanggungjawabkan. “Mungkin orang bisa menjadi sangat cerdas atau memiliki keahlian yang bisa langsung diaplikasikan, tapi jika mereka tidak percaya dengan apa yang mereka punya, mereka tidak akan bisa bekerja keras,” ungkapnya.


Pembicara keempat, Dr. Junita, M.Pd, M.Kom.I, menuturkan pelaku usaha harus mampu melihat peluang sekaligus menghitung risiko yang akan dihadapinya. Untuk dapat bertahan dalam usaha tersebut diperlukan kepribadian yang ulet, pantang menyerah, memiliki keberanian untuk berkreasi, inovatif dan mampu melihat berbagai peluang.
“Dengan sikap mental yang demikian, maka seorang pengusaha akan dapat menjalankan usahanya,” jelasnya.

Tommy Ristanto selaku Key Opinion Leader menyampaikan Kunci untama pebisnis kita memiliki kemampuan dan kemauan yang bisa membuat kita untuk termotivasi memulai bisnis, dari segi fashion yang kita miliki agar menarik perhatian dari para konsumen.(red)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.