Bisnis  

Kelebihan Aluminium Sebagai Perkakas Rumah

MEDANHEADLINES.COMSaat ini ada banyak sekali perkakas dan peralatan rumah yang menggunakan berbagai macam material sebagai bahan dasarnya. Beberapa perkakas rumah bisa dibedakan menjadi peralatan masak, alat makan dan minum, perlengkapan kamar tidur, perlengkapan kamar mandi, hingga hiasan dan dekorasi. Setiap barang menggunakan material yang disesuaikan dengan fungsi dan pemakaiannya. Ada beberapa material yang sering digunakan seperti plastik, kayu, dan aluminium. Tiap material punya kelebihan masing-masing. Material plastik lebih ringan, namun mudah patah. Material kayu lebih kuat, namun mudah lapuk dan dimakan rayap. Sementara itu material aluminium cukup ringan dan kuat.



Ada beberapa perkakas rumah yang banyak menggunakan bahan aluminium, terutama peralatan masak serta makan dan minum. Peralatan masak seperti panci atau wajan menggunakan bahan aluminium karena mudah menghantarkan panas. Selain itu, ada juga perkakas lain yang menggunakan bahan aluminium seperti rangka kursi dan meja, rangka lemari, dan rak piring aluminium. Anda bisa mencari dan membeli berbagai perkakas rumah berbahan aluminium secara online melalui aplikasi Blibli. Namun sebelumnya, simak dulu beberapa kelebihan aluminium sebagai perkakas rumah berikut ini ya!

 

Mudah Menghantarkan Panas

Kelebihan pertama material aluminium adalah mampu menghantarkan panas dengan baik. Kelebihan ini menjadikan aluminium banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat masak seperti panci dan wajan. Aluminium bisa menghantarkan panas dengan cepat dan merata, sehingga bisa mempersingkat waktu memasak. Dampaknya, Anda jadi bisa lebih berhemat dalam menggunakan gas atau listrik sebagai daya kompor. Selain itu, aluminium juga banyak dipakai sebagai bahan perkakas teko air. Kemampuan menyerap dan menghantarkan panas ini membuat material aluminium bisa lebih efektif menjaga suhu panas, sehingga suhu air panas yang disimpan dalam teko bisa bertahan lebih lama.

 

Lebih Ringan dan Kuat

Kelebihan kedua yang dimiliki material aluminium sebagai bahan perkakas rumah adalah lebih ringan dan kuat. Meskipun masih ada material plastik yang lebih ringan, namun plastik mudah patah. Begitupun dengan material kayu yang lebih kuat namun mudah lapuk dan cukup berat. Aluminium memiliki kedua keunggulan tersebut dan juga dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Material aluminium memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan material logam lain yang biasa digunakan sebagai perkakas. Kemudian aluminium juga memiliki kekuatan yang cukup baik, sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar rangka meja, lemari, dan rak piring aluminium. Sifatnya yang ringan juga memudahkan Anda jika ingin memindahkan barang-barang dengan material tersebut.

 

Tahan Karat dan Tahan Api

Kelebihan selanjutnya dari material aluminium adalah tahan karat dan tahan api. Aluminium memiliki sifat yang mampu mencegah karat dan korosi akibat dari seringnya terkena air. Secara alami ketika aluminium teroksidasi, akan membentuk  lapisan aluminium oksida yang melindungi logam aluminium di bawahnya. Inilah yang membuat aluminium tahan terhadap karat. Selain itu, aluminium juga tahan terhadap api. Sesuai dengan kelebihan sebelumnya bahwa material aluminium justru bisa menyerap dan menghantarkan panas dengan baik. Keunggulan ini membuat perkakas berbahan aluminium lebih aman digunakan sebagai alat masak maupun sebagai rangka benda lain sebab bisa mencegah resiko terbakar.


 

Mudah Dibersihkan

Kelebihan berikutnya dari material aluminium adalah mudah untuk dibersihkan. Apabila perkakas aluminium Anda kotor akibat debu, tinta, maupun kotoran lain, Anda tidak akan kesulitan untuk membersihkannya. Anda bisa membersihkannya dengan cara dicuci langsung menggunakan air maupun diseka dengan kain basah. Sebab, aluminium tahan terhadap karat dan korosi, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika membersihkan perkakas Anda dengan menggunakan air. Selain itu, aluminium memiliki permukaan yang licin dan halus sehingga cenderung tahan terhadap kotoran atau debu yang menempel dibanding material kayu dan plastik.

 

Memiliki Warna yang Bagus dan Awet

Kelebihan berikutnya dari material aluminium adalah mempunyai warna yang bagus serta tidak mudah pudar. Secara alami, aluminium memiliki warna silver glossy yang nampak mengkilap. Warna ini membuat perkakas aluminium terlihat lebih mewah sehingga banyak perkakas aluminium yang tidak membutuhkan cat tambahan. Selain itu, karena warna silver ini merupakan warna alami sehingga tidak mudah pudar dan berubah warna jika dirawat dan dibersihkan secara teratur.

 

Mudah Didaur Ulang

Kelebihan lain yang dimiliki aluminium adalah mudah didaur ulang. Belakangan ini kembali digiatkan kampanye-kampanye lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan. Beberapa kota bahkan sudah menerapkan aturan mengenai larangan penggunaan kantong plastik untuk berbelanja. Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan adalah dengan mendaur ulang barang yang tak terpakai menjadi lebih bermanfaat. Aluminium merupakan salah satu bahan yang mudah untuk didaur ulang dan bisa digunakan lagi sebagai bahan dasar pembuatan barang-barang lain. Mendaur ulang aluminium hanya membutuhkan 5% energi yang digunakan untuk membuat aluminium baru. Tentunya hal ini sangat baik bagi kelestarian lingkungan.

 

Nah, itulah beberapa kelebihan menggunakan aluminium sebagai bahan dasar perkakas rumah. Ada banyak sekali jenis perkakas rumah yang bisa Anda gunakan, seperti alat masak, rangka meja, serta rak piring aluminium. Semua perkakas tersebut bisa Anda beli secara online melalui aplikasi Blibli. Anda juga bisa mendapat banyak promo dan keuntungan lain dengan berbelanja melalui aplikasi Blibli. (*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.