Rilis Lagu 16/01, Iwan Fals Sentil Cebong Dan Kampret

Iwan Fals dan Sandrayati Fay berkolaborasi dalam lagu 16/01. [Musica Studio]

MEDANHEADLINES.COM – Penyanyi senior Iwan Fals kembali dengan karya terbaru. Kali ini musisi 59 tahun itu menggandeng penyanyi muda bernama Sandrayati Fay meluncurkan “16/01”.

Lagu “16/01” menggambarkan kejadian di masa kini. Mulai adanya pandemi Covid-19, lingkungan hingga lirik yang berisi sentilannya pada cebong dan kampret.

“Ini sebagai penggapaian waktu. (kejadian) saya catat, setiap hari menulis, survive. Bahwa inilah saya, kebetulan hanya bisa menciptakan lagu,” kata Iwan Fals dalam jumpa pers virtual, Jumat (30/7/2021).



Selain mengisahkan apa yang terjadi, Iwan Fals juga mengajak masyarakat berdoa. Uniknya doa yang biasanya disampaikan dengan khusyuk, justru dibuat mengasyikan oleh pelantun “Bongkar” ini.

Dalam liriknya, Iwan Fals mendendangkan lagu bergoyang sambil berdoa. Sang solois terinspirasi dari tarian sufi serta gerakan seseorang saat melantunkan lafadz tauhid.

“Hampir semua tarian sufi. Terus kalau di musala ada lailahaillah (orang-orang menggoyangkan kepala). Tuhan kan maha segala-galanya, maha mengerti segala macam bahasa,” kata Iwan Fals.

“Saya merasa musik itu adalah obat. Kalau gelisah saya ambil gitar, rasanya kok tenang ya,” imbuh suami Rosanna ini.


Iwan Fals tidak sendiri dalam membuat lagu “16/01”. Ia juga melibatkan Sandrayati Fay menulis liriknya.

“Saya ngomong, seperti apa kamu (Sandra) merespons lagu ini? Saya tinggal ngopi, biar dia sama Cikal (anak bungsu) aja,” ujar Iwan Fals yang percaya bahwa penyanyi muda itu mampu meneruskan lirik lagunya.

Sandrayati Fay merasa tertantang sekaligus tertekan. Namun satu hal yang memudahkan penyanyi yang tinggal di Bali ini meneruskan pekerjaannya, kejujuran Iwan Fals saat membuat lagu.

“Satu malam, mainin gitar, mikir-mikir. Tapi yang paling saya suka adalah kejujurannya. Dalam karyaku juga, cuma bisa jujur saja. Karena kalau sama-sama jujur, gampang kan,” kata Sandra memaparkan.

Lagu “16/01” sudah beredar melalui platform musik digital. Sedangkan untuk video klipnya Telah rilis pada 1 Agustus 2021 pukul 16.01 WIB yang lalu (red/suara.com)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *