Kontak Senjata Kembali Terjadi, 1 Prajurit TPNPB OPM Dilaporkan Tewas

Ilustrasi-TPNPB di Papua Barat mengklaim menewaskan 5 anggota TNI dalam kontak senjata selama dua hari. [Ist]

MEDANHEADLINES.COM – Tentara Pembebasan Negara Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB – OPM) terlibat kontak senjata dengan pasukan TNI-Polri di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (13/5/2021) kemarin. Satu prajurit TPNPB, Edis Waker dinyatakan gugur dalam kontak senjata tersebut.

Demikian hal tersebut disampaikan dalam keterangan tertulis Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM. Dalam keterangan tersebut, Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM menyampaikan ungkapan duka cita atas gugurnya Edis Waker.

“Mengumumkan bahwa Duka Nasional bagi Bangsa Papua, karena seorang Prajurit terbaik Bangsa Papua telah gugur dalam Perang Pembebasan Nasional Papua Barat. Hormat kepada almarhum Edis Waker dan, Rest in Peace. Berjuang tetap berlanjut sampai Papua merdeka,” kata Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, Sabtu (15/5/2021).

Sebby mengatakan, pasukannya terlibat kontak tembak dengan pasukan TNI-Polri di sekitar Jalan Raja Kagago-Muara, Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis sekitar pukul 07.25 WIT. Saat itu, Edis Waker tengah melakukan pemantauan bersama pasukan lainnya.
Namun, dari arah belakang, pasukan TNI-Polri rupanya tengah dalam kondisi bersiaga. Namun, keberadaan Edis diketahui anggota TNI-Polri yang kemudian melakukan penembakan.

“Edis Waker dia duluan pantau dan pasukan lain dari belakang, tetapi ternyata anggota TNI/Polri sudah ambil posisi siaga, maka saat anggota TPNPB atas nama Edis Waker datang langsung di tembak,” jelasnya.

Sejurus dengan itu, tiga pasukan TPNPB-OPM yang bersama Edis berhasil kabur dan melaporkan kejadian ini kepada Komando Lapangan Leri Mayu Enumbi. Atas laporan itu, pasukan TPNPB-OPM kembali melakukan penyerangan ke pihak TNI-Polri.

“Setelah mendengar anggota TPNPB gugur maka Pasukan TPNPB kembali serang,” beber Sebby.

Sebby menambahkan, penyerangan berlangsung pada pukul 08.30 hingga 15.15 WIT. Dalam kontak sejata itu, satu anggota TNI dilaporkam tewas.

“Dalam serangan ini, satu anggota pasukan militer Indonesia di tembak oleh pasukan TPNPB di tempat yang sama di Uloni Jalan Muarah, Kecamatan Kagago,” tutup Sebby.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.