Hindari Lonjakan Covid Usai Lebaran, Doni : Pemda Bisa Langsung Terapkan Mikro Lockdown

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas penanganan Covid-19 Doni Monardo di DPR RI, Senin (15/3/2021). [Suara.com/Novian Ardiansyah]

MEDANHEADLINES.COM – Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo meminta pemerintah daerah waspada lonjakan kasus Covid-19 setelah Lebaran dan dia menyarankan penerapan mikro lockdown tingkat RT.

“Upaya-upaya untuk segera melakukan mikro lockdown versi Payo Selincah, ini bisa menjadi rujukan di seluruh daerah, jangan menunggu kasus menjadi besar, begitu ada data dimana satu RT lebih dari 5 rumah ada pasien Covid maka harus ada langkah-langkah,” kata Doni, Selasa (11/5/2021).

Strategi mikro lockdown terbukti berhasil dijalankan di RT 4, Kelurahan Payo Selincah, Jambi, ketika beberapa warganya positif Covid-19 usai menjalani tradisi Punggahan atau tradisi berkumpul di rumah salah seorang warga saat Ramadhan.

Pengurus RT 4, menutup semua akses masuk wilayah, termasuk fasilitas umum, seperti masjid. Mereka juga langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 daerah, polda, danrem hingga wali kota. Kemudian dilakuka pelacakan dan hasilnya terdeteksi 21 orang positif Covid-19 bergejala ringan.

Selama mikro lockdown, seluruh pasien menjalani karantina mandiri di rumah, pengurus RT mengadakan sejumlah kegiatan penyembuhan, seperti senam dan olahraga, diawasi Satgas Covid-19 Jambi.

“Jadi kalau daerah ada kasus yang meningkat, lakukan inisiatif mikro lockdown, jadi cukup lockdown itu dilakukan di tingkat RT jangan yang di lockdown tingkat kabupaten, tidak mungkin, terlalu repot, banyak sekali aturan yang harus dilakukan, dengan adanya mikro lockdown ini maka pemerintah daerah bisa memenuhi kebutuhan warga,” kata Doni.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *