Dampak Pandemi, Jumlah Wisman Ke Sumut di Triwulan I Hanya 85 orang

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Dampak dari pandemi Covid-19 masih terasa di sektor pariwisata di Sumatera Utara, Bahkan Dari data yang diperoleh melalui Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut menyebutkan Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumatera Utara hingga triwulan I 2021 Hanya 85 orang

“Jumlah wisman di triwulan I masih 85 orang atau turun 99,27 persen dari periode sama 2020 yang mencapai 44.030 orang,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi, Senin (3/5).

Dijelaskannya, Jumlah wisman yang masuk melalui Bandara Bandara Kualanamu misalnya hanya tinggal 73 orang dari periode sama 2020 yang 41.062 orang.

Kemudian dari Pelabuhan Belawan hanya 12 dari 19 orang di triwulan I 2020.

“Hanya dari pintu Bandara Kualanamu dan Pelabuhan Belawan yang ada masuk wisman, sedangkan dari Bandara Silangit dan Pelabuhan Tanjungbalai Asahan nihil,” katanya.

Pada triwulan I 2020, Tambah Suhaimi, Sisman yang masuk melalui Bandara Silangit masih ada 2.071 orang dan dari Tanjungbalai Asahan 878 orang.

Ada pun wisatawan asing yang masuk ke Sumut selama triwulan I 2021 antara lain dari Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, Malaysia Filipina, Vietnam, Singapura, Belanda, Australia, dan Turki.

“Diprediksi jumlah wisman masih terbatas karena pandemi COVID-19 masih berlangsung di berbagai negara,” katanya.

Terpisah, Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasution, mengakui bisnis perjalanan wisata/travel masih belum pulih karena pandemi COVID-19 masih berlangsung.

“Hampir semua negara juga masih belum membuka negaranya untuk menerima wisatawan, kecuali untuk perjalanan tertentu seperti perjalanan dinas, diplomatik, dan hal-hal tertentu lainnya. Jadi wajar saja jumlah wisman masih anjlok dan otomatis bisnis perjalanan wisata masih stagnan,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *