Menang Adu Penalti Lawan PSM, Persija Melaju ke Final Piala Menpora 2021

Suasana laga leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 antara Persija Jakarta vs PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, Minggu (18/4/2021) malam. [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha]

MEDANHEADLINES.COM – Persija Jakarta mengamankan tiket final Piala Menpora 2021 usai mengalahkan PSM Makassar lewat drama adu penalti, Minggu (18/4/2021) malam.

Setelah bermain imbang 0-0 di leg pertama lalu, kedua tim kembali nirgol pada 2 x 45 menit laga leg kedua semifinal yang dihelat di Stadion Manahan, Solo malam ini.

Praktis laga pun harus dilanjutkan dengan babak tos-tosan tanpa babak extra-time alias perpanjangan waktu. Persija akhirnya keluar sebagai pemenang usai unggul 4-3 di babak adu penalti.

Di final Piala Menpora nanti, Persija akan menghadapi pemenang laga semifinal antara PSS Sleman vs Persib Bandung. Laga leg kedua PSS vs Persib akan dihelat di Stadion Manahan besok malam, dengan Persib sementara unggul agregat 2-1.

Di Stadion Manahan, Persija mengancam pada menit ketujuh melalui Osvaldo Haay, setelah bek PSM melakukan salah passing. Sayang, bola masih bisa diamankan kiper PSM Hilman Syah.

Menit ke-19, PSM gantian mengancam melalui attacker mereka, Yakob Sayuri. Akan tetapi, sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih sedikit melalmbung di atas gawang Persija kawalan kiper sekaligus kapten tim Andritany.
Menit ke-24, sebuah crossing yang cukup baik dari winger Persija, Riko Simanjuntak masih gagal disambut oleh striker Marco Simic.

Bola muntah lantas diambil Alfath Faathier, sayang tendangannya masih bisa diantisipasi Hilman Syah.
Menit ke-25, percobaan Alfath kembali mampu ditahan Hilman Syah. PSM sendiri balas mengancam, namun bola sundulan Erwin Gutawa masih jauh dari sasaran.

Kedua tim saling jual beli serangan setelah itu, namun skor 0-0 bertahan hingga babak pertama rampung.
Memasuki paruh kedua, Persija langsung mendapatkan peluang lewat Marc Klok pada menit ke-47. Sayang, sepakan pemain naturalisasi itu masih melambung di atas mistar gawang PSM.

Dua menit berselang, giliran tandukan Simic yang melambung di atas gawang Hilman Syah.

Menit ke-57, tendangan bebas Klok mengarah ke kotak penalti dan langsung disundul Osvaldo. Akan tetapi, peluang ini kembali gagal menjadi gol.

Hingga menit ke-70, pertandingan masih berjalan imbang. Persija sendiri relatif sedikit lebih banyak mengambil inisitif serangan.

Menit ke-83, umpan cantik dari Riko ke dalam kotak penalti PSM gagal diselesaikan dengan baik oleh Novri Setiawan.

Di sisi lain, peluang emas didapat PSM via Yakob Sayuri pada menit ke-88. Sayang, tendangan kerasnya yang terarah masih berhasil digagalkan oleh Andritany.

Tidak lama kemudian, sundulan Zulham Zamrun juga hampir membobol gawang Persija. Tapi, skor masih tak berubah.

Hingga menit ke-96, kedua tim bermain imbang 0-0 dan pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.
Nah, di babak tos-tosan ini pun laga masih saja alot. Kedua tim seperti tak ingin buru-buru memenangkan pertandingan.

Masing-masing dua penendang dari Persija dan PSM gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Dari lima eksekutor awal, skor kedua tim masih sama kuat 3-3.

Tak ayal, adu penalti pun harus kembali berlajut ke eksekutor keenam. Lagi dan lagi, masing-masing dua penendang dari Persija dan PSM gagal mencetak gol dari titik putih.

Dan akhirnya, saat tiba di eksekutor kedelapan, bek veteran Persija, Tony Sucipto melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.

Sementara dari kubu PSM, eksekusi penalti bek senior sekaligus kapten tim Zulkifli Syukur berhasil dibendung Andritany dengan apik.

Skor akhir di babak adu penalti adalah 4-3 untuk kemenangan Persija.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta XI: Andritany, Alfath Faathier, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Yann Motta, Rohit Chand, Marc Klok, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Osvaldo Haay, Marko Simic.
Pelatih: Sudirman (Indonesia)

PSM Makassar XI: Hilman Syah, Erwin Gutawa, Hasim Kipuw, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, M. Arfan, M. Rizky, Rasyid Bakri, Patrich Wanggai, Yakob Sayuri.
Pelatih: Syamsuddin Batola (Indonesia) (Red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *