Tentukan Hari Pertama Puasa, BMKG Pantau Hilal Dari Sorkam Tapteng

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Untuk memastikan awal bulan Ramadan 1442 Hijriah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan akan terlibat dalam pemantauan hilal yang rencananya akan dilakukan di kawasan Pantai Binasi Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Nanti sore atau Maghrib, kita ikut pengamatan hilal di Pantai Binasi Tapteng,” ujar Plt Kepala BMKG Wilayah I Medan Eridawati, Senin (12/4/21) pagi.

Eridawati mengatakan, pemantuan hilal yang dilakukan di Tapteng karena kawasan pantai barat merupakan lokasi ideal.

Selain itu, kata dia, keterbatasan dana juga membuat pemantauan dilakukan di sana. “Kalau tahun lalu kita melakukan pengamatan dari kantor, ditambah kondisi pandemi juga,” ungkapnya.

Eridwati menjelaskan, pihaknya juga menyediakan live streaming di http://www.bmkg.go.id/hilal . Bagi masyarakat yang ikut memantau dipersilahkan membuka situs tersebut.

“Mudah-mudahan cuaca cerah, walau saat ini kami prediksi kondisi hujan ringan di sana Sorkam,” ucapnya.

Sementara, Analisis BMKG I Medan Chici Nurhafiza menjelaskan, hilal merupakan bulan sabit pertama yang dapat dilihat di arah dekat matahari terbenam dengan acuan permulaan bulan di kalender Islam.

Berdasarkan perhitungan, ketinggian bulan di wilayah Tapanuli Tengah sekitar 3 derajat 31 menit 47 detik. Berbeda sedikit dengan ketinggian di Kota Medan yang diperkirakan berada di 3 derajat 31 menit 50 detik. “Derajatnya itu, cuma sedikit aja selisihnya,” kata dia.

Disebutkan, pengamatan hilal merupakan penentu setiap awal bulan tahun Hijriyah di kalender Islam. Untuk memantau hilal, BMKG Wilayah I Medan akan menggunakan teleskop atau teropong terkomputerisasi dipadukan dengan teknologi informasi.

“Meski begitu, untuk mengawali bulan puasa Ramadhan tahun ini kami imbau menunggu keputusan Menteri Agama yang diumumkan pada, Senin (12/4/21) malam,” jelasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *