MUI Sumut : Boleh Lakukan Vaksin di Bulan Ramadhan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memastikan pelaksanaan vaksin disaat bulan Ramadhan diperbolehkan dan tidak membatalkan puasa

” Yang membatalkan puasa itu memasukkan sesuatu ke dalam rongga terbuka, ke mulut, hidung, telinga dan, tempat buang air kecil dan besar. Kalau dia disuntik itu tidak membatalkan puasa, makanya itu boleh dilakukan bagi orang yang puasa. Tidak batal,” ucap Ketua MUI Sumut, Maratua Simanjuntak, Selasa (4/6).

Maratua juga mengajak masyarakat untuk melakukan vaksin karenna merupakan bagian dari rangkaian untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

” kita juga tetap menganjurkan supaya semua umat melaksanakan vaksin sehingga pada bulan Ramadhan tidak ada masalah,” Jelasnya.

Sedangkan terkait pelaksanaan ibadah Tarawih, Maratua mengatakan awal Maret lalu pihaknya sudah mengeluarkan imbauan tentang hal tersebut. Tidak ada larangan untuk Tarawih berjamaah, namun mesjid diminta tetap menerapkan protokol kesehatan.Kemudian bagi orang-orang tua yang sakit atau lemah disarankan di rumah.

“Kita meminta kepada seluruh BKM menyediakan sarana untuk protokol kesehatan, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak dan malah kita menganjurkan masing-masing menggunakan sajadahnya. Jadi tidak harus menggunakan sajadah di masjid karena dari segi kesehatan dimungkinkan virus itu lengket di sajadah itu. Kecuali sajadahnya tiap hari dibersihkan,” papar Maratua.

Selain itu, dia juga berharap agar para penceramah mempersingkat ceramahnya. :Kemudian mempersingkat pelaksanaan jadi kalaupun ceramah, singkat aja ntah 7 atau 10 menit jadi itu sudah kita lakukan. Dan ternyata menteri PMK menyatakan, Alhamdulillah berarti sejalan dengan apa yang kita harapkan.,” Pungkasnya (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *