Wakil Bupati Deli Serdang Resmikan Sentra Ternak Dompet Dhuafa

MEDANHEADLINES.COM – Wakil Bupati Deli Serdang, M. Ali Yusuf Siregar meresmikan program sentra ternak Dompet Dhuafa Waspada yang dinamakan Dompet Dhuafa Farm (DD Farm) di Desa Bulu Cina, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (24/3).

Adapun program tersebut merupakan implementasi pengelolaan dana zakat yang berfokus pada ranah pemberdayaan ekonomi.

Dalam sambutannya, M. Ali Yusuf Siregar,mengatakan bahwa program sentra ternak ini merupakan program yang patut diapresiasi sebagai program pengentasan kemiskinan. “Dari apa yang dilakukan Dompet Dhuafa Waspada ini tentunya sangat kita apresiasi sebab program ini menjadi jalan untuk mengentaskan kemiskinan”.

Melalui program ini bisa menjadi contoh bagi yang lain tentang kepedulian terhadap dhuafa. “Dengan adanya program ini semoga bisa menjadi contoh bagi yang lainnya tentang bagaimana kita memerhatikan dhuafa melalui berbagai cara,” ungkap M. Ali Yusuf.

Selaras dengan cita-cita Dompet Dhuafa yang disampaikan oleh Udi Tri Kurniawan, selaku Direksi Dompet Dhuafa yang mengatakan bahwa program ini dibentuk untuk menggerakan roda perekonomian. “Program DD Farm bertujuan mengajak masyarakat untuk mengembangkan peternakan terintergrasi sebagai prioritas utama dalam menggerakan roda ekonomi dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar”.

Lebih lanjut dirinya juga mengatakan bahwa DD Farm masih bertujuan untuk melahirkan muzakki baru. “Dari DD Farm ini yang menjadi ke-khasan Dompet Dhuafa dalam upaya mengimplementasikan zakat produktif guna melahirkan muzakki baru di Sumatera Utara,” terang Udhi Tri Kurniawan.

Pada 2021 ini, Dompet Dhuafa secara serentak membangun sentra ternak di 12 titik di Indonesia. “Sumatera Utara menjadi salah satu lokasi sentra ternak domba dan kambing dengan rencana populasi hewan 1000 ekor” tutur Sulaiman selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada.

Dengan hadirnya program sentra ternak tersebut juga nantinya akan menjadi pemasok sebaran hewan kurban untuk masyarakat sekitar. “Kehadiran DD Farm juga diharapkan dapat memperluas sebaran Tebar Hewan Kurban pada masa hari Raya Idul Adha nanti,” ucap Sulaiman.

DD Farm menjadi pilot project dalam progam Sentra Ternak Dompet Dhuafa. “DD Farm ini menjadi sebuah pilot project yang dalam pengembangannya, DD Farm telah mengaplikasikan konsep peternakan yang modern dengan mengintegrasikan proses perawatan ternak yang sustainable, dari hulu ke hilir,” ujar Sulaiman.

DD Farm bukan hanya sebatas penjualan kambing namun lebih dari itu. “Nantinya DD Farm berencana memproduksi pupuk, pakan hingga tanaman pangan, dalam ekosistem ternaknya. Karenanya, DD Farm juga akan menjadi Edu Farm, tempat belajar beternak bagi siapapun,” harap Sulaiman.

Peluncuran DD Farm yang digelar secara seremonial ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Infrastruktur, Dr. Kaiman Turnip, Pimpinan Umum Harian Waspada, dr. Hj. Rayati Syafrin, MBA, MM, Kadis Pendidikan H. Timur Tumanggor, Kadis Pertanian, Ir. H. Kamaluddin, Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR, A. Ismail, Camat Hamparan Perak Eko Sapriadi beserta anggota muspika.

Disamping itu, turut berhadir tamu undangan dari Pimpinan Cabang BSI KC Adam Malik, Zul Irfan Lubis, Manager Humas Bank Indonesia, Edwin Nurwansyah, Perwakilan Biro Kesekretariatan PTPN III, Jaka Kesuma, serta pengurus Forum Zakat Sumatera Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *