Pelantikan Persakmi Sumut : Sudah Saatnya SKM Berhimpun

MEDANHEADLINES.COM – Perhimpunan Sarjana & Profesionel Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Sumatera Utara periode 2021-2025 secara resmi dilantik pada Rabu 24 Maret 2021. Kegiatan berlangsung dengan metode hybrid. Kegiatan daring dengan aplikasi webinar online dan luring dilaksanakan langsung di Auditorium FKM USU sejak pukul 13.00.

Rangkaian pelantikan dan serah terima tersebut diawali dengan menyanyikan bersama lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Persakmi. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Pengurus Pusat (PP) Persakmi tentang susunan dan personalia Pengurus Daerah Persakmi Sumut periode 2021-2025 oleh Sekretaris Umum Pengurus Pusat Persakmi Rachmat Pua Geno, SKM, M.Kes. Kemudian pembacaan naskah pelantikan yang dibacakan oleh Ketua Umum PP Persakmi yaitu Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes, M.Sc.PH.

Pelantikan dilaksanakan langsung oleh Pengurus Pusat PERSAKMI secara daring, selaku Ketua PP Persakmi Prof. Ridwan menyampaikan dalam pelantikannya bahwasanya “Pelantikan ini adalah pelantikan pertama yang dilakukan oleh PERSAKMI dalam skala nasional, sehingga SKM yang menjadi pengurus terdorong karena panggilan jiwa yang tulus sebagai seorang SKM”

Selanjutnya, dilaksanakan penyerahan bendera PERSAKMI sebagai symbol pergantian tanpuk kepemimpinan dari ketua Persakmi Sumut sebelumnya Gita Kencana SKM, M.PH kepada ketua terpilih yaitu Dr.Isyatun Mardhiyah Syahri, SKM, M.Kes. Ucapan selamat diberikan oleh Ketua PP Persakmi kepada seluruh pengurus pasca pelantikan
Gita Kencana, SKM, MPH selaku ketua demisioner juga menyampaikan pesan yang mendalam untuk pengurus yang baru, “Semoga pengurus kedepan bergerak dengan semangat dan amunisi baru akan lebih baik, memberi harapan untuk SKM serta kerja nyata untuk Indonesia Sehat dan menjadikan PERSAKMI sebagai rumah SKM”

Ketua terpilih yang juga baru dilantik menjadi doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat di USU pada pagi harinya Dr.Isyatun Mardhiyah Syahri, SKM, M.Kes menggantikan ketua sebelumnya Gita Kencana, SKM, M.PH. dalam sambutannya Isyatun menyampaikan “terima kasih pada SKM pendahulu yang memberikan dorongan kepada semua pengurus untuk melanjutkan perjuangan PERSAKMI, mari semua pengurus sama-sama menjalankan amanat ini agar dapat berjalan dengan kepercayaan dan komitmen Bersama”

Pada kesempatan ini secara khusus disampaikan oleh Ketua Demisioner dan Ketua Terpilih kepada Prof. Dr.Ida Yustina, M.Si Dekan FKM USU yang telah memberi dukungan atas terlaksananya kegiatan pelantikan dan seminar nasional ini, FKM USU sebagai salah satu almamater pengurus PERSAKMI Sumut merupakan kawah candradimuka yang menggembleng para pengurus sehingga dapat menjadi SKM yang Tangguh, sambut ketua Persakmi sebelumnya.

Eksistensi Persakmi sebagai organisasi profesi Kesehatan masyarakat ditunjukkan salah satunya melalui rangkaian kegiatan pelantikan dengan melaksanakan seminar nasional yang bertajuk “Perspektif Profesionalisme Sarjana Kesehatan Masyarakat, Link & Match Dengan Dunia Kerja”.

Narasumber seminar merupakan pakar dibidang Kesehatan masyrakat antara lain, Prof. Dr. Ida Yustina, M.Si (Dekan FKM USU) dengan topik “Penguatan Profesionalisme Sarjana & Profesional Kesehatan Masyarakat melalui Perguruan Tinggi”, kemudian Dr. Andi Mansur Sulolipu, SKM, M.Kes (Widyaswara BPPK Makasar Kemenkes RI dengan topik “Peran dan Kedudukan SKM dalam Perpektif Kebijakan” dan Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes, M.Sc.PH (ketua PP Persakmi) dengan topik “Peran PERSAKMI dalam menunjang Profesionalisme Sarjana & Profesional Kesehatan Masyarakat dan kaitannya dengan Dunia Kerja”

Pelantikan dan seminar diikuti peserta sebanyak 200 orang melalui media daring dan 30an orang secara luring, Arief SKM selaku ketua panitia dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa “Seyogyanya peserta yang mendaftar mencapai 877 orang dimana peserta paling jauh berasal dari Maluku Utara, kita sampai harus mengupdate kuota media pada detik-detik akhir karena banyak permintaan dari setiap provinsi untuk hadir menyaksikan, ditambah lagi membludaknya peserta yang mendaftar secara daring menyaksikan pelantikan dan seminar nasional ini”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *