Gubsu Ajak Kapolda Panca Putra Ukir Sejarah dan Berbuat Terbaik Untuk Sumut

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut yang baru, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak untuk mengukir sejarah dan berbuat yang terbaik bagi Sumut. Karena untuk membangun Sumut butuh keterlibatan semua pihak yang terkait, termasuk Polda Sumut.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi pada acara Pengantar Tugas Kapolda Sumut, dari Irjen Pol Martuani Sormin Siregar kepada Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (16/3).

“Kita mulai dari pertemuan ini Pak Kapolda Panca, kita ukir sejarah dengan berbuat yang terbaik untuk Sumut, sehingga nanti ketika pisah sambut setelah selesai tugas di Sumut, banyak prestasi yang bisa ditinggalkan,” ujar Gubernur.

Menurut Gubernur, alih tugas merupakan hal yang biasa, dan pasti terjadi dalam kehidupan organisasi di mana pun. Mutasi jabatan juga dimaksudkan sebagai penyegaran, dengan harapan menumbuhkan suasana baru.

”Untuk itu jangan perpisahan yang disesali, tapi perpisahan itu yang harus kita evaluasi, apa saja yang sudah kita lakukan selama ini,” ungkap Edy Rahmayadi, yang hadir bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis.

Edy juga mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas di tempat yang baru kepada Irjen Pol Martuani Sormin Siregar, yang kini menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri. Edy pun memuji berbagai capaian yang sudah diraih Martuani Sormin saat menjadi Kapolda Sumut.

Bagi Edy, Sormin menunjukan sikap responsif dan kepedulian selama proses pengendalian Covid-19. Lewat jasanya juga Pilkada Sumut di 23 kabupaten/kota bisa berjalan dengan lancar.

“Selamat bertugas Adinda saya Sormin, baik dalam tugas dan keseharian saya begitu dekat dengan beliau, saya terkadang sering memanggil beliau dengan nama saja, padahal beliau adalah Kapolda, tapi begitulah orang Sumut kalau sudah akrab,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Sumut Panca Putra Simanjuntak mengaku siap membantu dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk menjalankan program pembangunan daerah. Ia juga mendukung program Pemerintah Pusat yang menjadikan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata super prioritas yang sudah dicanangkan guna mewujudkan Sumut Bermartabat.

“Terima kasih atas sambutan dan penghargaanya, yang telah mengantar tugas saya sebagai Kapolda Sumut, acara ini sebagai bentuk penghormatan kepada saya dan keluarga. Ini merupakan penghargaan dimana saya disambut dengan semangat yang sangat besar,” ujarnya.

Panca mengaku, pandemi Covid-19 dan program vaksinasi nasional, menjadi tantangan baginya. Untuk itu, pihaknya bersama seluruh jajaran Polda Sumut akan terus bekerja memberikan yang terbaik dengan segenap kekuatan yang ada.

Diketahui, Panca Putra merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990. Jenderal bintang dua ini tercatat memiliki banyak pengalaman di bidang reserse. Di tahun 2017, Panca Putra dipercaya sebagai Wadirtipidum Bareskrim Mabes Polri.

Tidak lama berselang, Panca dipercaya sebagai Direktur Penyidikan KPK pada tahun 2018. Di tahun 2020, Panca dipercaya menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) di tahun 2020. Kini, Panca Putra menjabat sebagai Kapolda Sumut menggantikan Martuani Sormin.

Pada kesempatan itu, Koorsahli Polri Martuani Sormin Siregar mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama ini, dan memohon maaf jika kekurangan atas apa yang sudah dikerjakan. “Banyak hal yang sudah ditorehkan, namun masih belum sempurna, kita sebagai manusia tentunya banyak kekurangan, maaf sebesar-besarnya bila ada yang kurang berkenan, dan saya ucapkan terima kasih atas kerja sama selama ini. Waktu boleh berlalu tapi silahturahmi di antara kita jangan berlalu,” ujar Sormin.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, :Pangdam I/BB Mayjen Hassanudin, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut IBN Wiswantanu, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama Wakil Ketua I TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, dan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *