Silaturahmi Dengan Bupati, Wagubsu Terima Usulan Perbaikan Pembangunan di Taput

MEDANHEADLINES.COM, Taput – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menerima usulan pembangunan dari Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengenai perbaikan infrastruktur jalan dan usulan pembangunan universitas negeri di daerah tersebut, melalui Bupati (Taput) Nikson Nababan.

Hal ini disampaikan Wagub Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck saat bersilaturahmi ke Rumah Dinas Bupati Taput, Rabu (24/2). “Pasti kami mendukung. Gubernur Sumut, Pak Edy Rahmayadi dan saya, salah satu visi misi kami adalah untuk infrastruktur dan pendidikan,” jelas Ijeck.

Ijeck menjelaskan, untuk pembangunan badan jalan, di tahun 2021, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut tetap memasukkan anggaran perbaikan jalan. Selain itu, Sumut menjadi salah satu dari tiga provinsi yang mendapatkan dana hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk perbaikan badan jalan di sekitar Taput dan Danau Toba.

“Tahun 2021 tetap ada kita masukkan anggaran. Sumut juga jadi salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang menerima hibah dana dari Kementerian PUPR RI sebesar total Rp220 M untuk perbaikan badan jalan yang ada di wilayah Tapanuli Utara dan sekitar Danau Toba,” jelas Ijeck.

Usulan mengenai pembangunan universitas negeri di Tapanuli, juga mendapat sambutan baik dari Ijeck. Dijelaskannya, Gubernur Sumut dan dirinya mendukung, serta akan membantu memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

“Kita dukung niat baik dan semangat Bupati Taput membangun perguruan tinggi. Mudah mudahan ini bisa terlaksana pastinya untuk kebutuhan yang diperlukan ke Kementerian Pendidikan, dari Pemprov Sumut akan kita bantu siapkan,” ujar Ijeck.

Dalam usulannya, Bupati Taput Nikson Nababan menyampaikan beberapa hal, di antaranya mengenai usulan pembangunan universitas negeri di wilayah Tapanuli, serta perbaikan infrastruktur badan jalan di sekitar Kabupaten Taput.

“Kondisi badan jalan di sekitar Tapanuli Utara perlu perhatian yang lebih. Ada beberapa jalan yang rusak di antaranya jalur Siborongborong-Sipahutar, Jalan Pangaribuan-Gorga, Jalan Silangit-Simpang III Muara, Jalan Simpang IV Hutabarat-Sipahutar, dan beberapa luas jalan lainnya,” jelas Nikson.

Dijelaskan nikson, infrastruktur jalan memegang peranan penting untuk tingkatkan konektivitas antardaerah yang bisa membantu meningkatkan ekonomi hingga pariwisata. “Infrastruktur jalan ini penting sekali, bisa membantu ekonomi, pawirisata, hingga pendidikan kita menjadi lebih baik,” jelas Nikson.

Nikson juga menambahkan, dibangunnya universitas negeri di wilayah Tapanuli dirasa perlu agar mempermudah masyarakat memperoleh pendidikan tinggi yang tinggal di wilayah Tapanuli, baik Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Danau Toba dan daerah lainnya.

“Didirikannya perguruan tinggi di Tapanuli untuk membantu pembangunan di bidang pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia di wilayah Tapanuli,” ujar Nikson.

Dirinya pun berterima kasih atas kehadiran Wakil Gubernur Sumut yang telah berkunjung ke Tarutung. Ia berharap silaturahmi dan sinergi yang sudah terbangun bisa berlangsung dengan baik ke depannya. “Ke depan semoga kekompakan silaturahmi tetap kita jaga,” jelas Nikson.

Turut hadir di antaranya Kepala Dinas Kehutanan Sumut Herianto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Effendy Pohan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aspan Sofian, Pimpinan OPD Kabupaten Taput serta unsur Forkopimda. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *