Langgar Perwal dan Prokes, Pedagang Angkringan di Kesawan Ditertibkan

Petugas gabungan saat mengangkat stand kopi milik pedagang angkringan yang berjualan di sepanjang Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat. (Handout)

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Petugas gabungan menertibkan pedagang angkringan di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat pada Rabu (10/2). Mereka ditertibkan karena melanggar Peraturan Wali Kota (Perwal) dan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Kapolsek Medan Barat Kompol Afdhal Junaidi mengatakan, kegiatan yang dimulai dari pukul 16.00 sampai dengan 21.00 WIB, itu dilakukan berdasarkan surat Sat Pol PP Kota Medan. Surat tersebut berisi imbauan untuk mengosongkan lokasi secara mandiri, namun tidak diindahkan para pedagang.

Pemberitahuan dilayangkan karena keberadaan pedagang telah melanggar aturan, salah satunya Perwal Medan Nomor 9 Tahun 2009 tentang larangan mendirikan bangunan di atas saluran drainase, bahu jalan, trotoar, tanggul dan garis sepadan sungai serta larangan menutup saluran drainase secara terus menerus. Selain itu, mereka juga diduga tidak mengindahkan aturan dari pemerintah terkait pendisiplinan Prokes Covid-19 di masa pandemi.

“Selama beraktivitas, para pedangan diduga tidak bisa mencegah berkerumunnya pengunjung yang dapat menimbulkan penyebaran Covid-19,” kata Afdhal kepada medanheadlines.com melalui pesan singkat, Kamis (11/2).

Afdhal menjelaskan, selama penertiban berlangsung, personel gabungan dari Polrestabes Medan, Polsek Medan Barat, Kodim 0201/BS dan Sat Pol PP Kota Medan tetap mengedepankan tindakan humanis dan menghindari adanya unsur kekerasan.

Dari lokasi, petugas menyita dua stand kopi, kompor gas satu tungku, meja kayu. Berikutnya meja alas keramik, satu galon air, satu box plastik dan satu ember plastik yang diletak pemiliknya di pinggir jalan. Selanjutnya barang-barang itu dibawa ke Kantor Satpol PP Kota Medan di Jalan Adinegoro, Kecamatan Medan Timur untuk diproses lebih lanjut.

“Seluruh rangkaian kegiatan selesai sekitar pukul 21.00 WIB, dan berjalan aman dan kondusif,” ungkap Afdhal. (Afd/Rha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *