Resmi Jadi Kapolri, Listyo Janji Jadikan Polri Tegas dan Humanis

Kapolri yang baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. [ANTARA FOTO/Pool/Galih Pradipta]

MEDANHEADLINES.COM – Kapolri baru Jenderal Polisi Listyo Sigit berjanji ke depannya akan menampilkan instansi Polri yang tegas dan humanis. Hal tersebut sesuai dengan harapan masyakarat.

“Bagaimana ke depan kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan terhadap Polri tentunya bagimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis,” ujar Listyo usai dilantik Presiden Jokowi sebagai Kapolri baru dalam jumpa pers, Rabu (27/1/2021).

Listyo menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri yang memasuki masa pensiun.

Listyo juga ingin menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang transparan serta melakukan penegakkan hukum yang berkeadilan.

“Bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan. Ini tentunya menjadi tugas kami ke depan,” ucap dia.

Sebab, kata Listyo, hal tersebut sudah menjadi komitmen dirinya sebagai Kapolri baru usai dilantik Jokowi.

Ia menyebut semua program kerja juga sudah dituangkan ke dalam rencana kerja untuk melakukan ransformasi di 4 bidang dan rencana aksi di 16 program kegiatan.

“Oleh karena itu, ini menjadi komitmen kami untuk bagaimana harapan masyarakat terhadap Polri betul-betul bisa kami tindaklanjuti, sebagaimana yang kami tuangkan di dalam rencana kami untuk melaksanakan transformasi di 4 bidang dan nanti kita laksanakan rencana aksi di 16 program kegiatan,” tutur dia.

Mantan Kabareksrim Polri itu menegaskan dirinya akan melaksanakan tugas dalam menghadapi tantangan kedepan.
Ia memastikan akan membantu upaya penanganan Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

“Kami akan melaksanakan tugas menghadapi tantangan kedepan yang tentu kita ketahui bersama bahwa saat ini kita sedang menghadapi situasi pandemi covid,” kata Listyo.

Upaya yang dilakukan Polri kata Listyo yakni mendisiplinkan aturan protokol kesehatan.

Sebab kata dia keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

 

“Bagaimana kita berusaha untuk melakukan upaya-upaya penanggulangan terhadap covid, baik di dalam kegiatan-kegiatan yang kita disiplinkan penagakan aturan protokol kesehatanyang terus harus kita lakukan karena selamatan masyarakat adalah hukum tertinggi,” ucap Listyo.

Polri kata Listyo akan membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional dan stabilitas keamanan dan ketertiban di masyakarat.

“Bagaimana Polri membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional sehingga kita semua bisa segera terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi bisa kembali bertumbuh dan tentunya semua bisa terlaksana apabila stabilitas Kamtibmas semuanya berjalan dengan aman lancar dan baik,” katanya menambahkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

Pelantikan Listyo berdasarkan Keputusan Presiden nomor 5/Polri tahun 2021 tentang pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Keputusan Presiden Nomor 7 Polri tahun 2021 tentang kenaikan pangkat dalam golongan tinggi Polri. (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *