FIFA Batalkan Piala Dunia U-20, Ini Tanggapan PSSI

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto saat ditemui di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Jumat (10/7/2020). [Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha]

MEDANHEADLINES.COM – FIFA secara resmiu telah membatalkan pelaksanaan Piala dunia U-20 yang rencananya akan digelar di Indonesia tahun 2021 mendatang.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, menerangkan pihaknya akan tetap menjalin komunikasi dengan FIFA karena masih akan dipercaya untuk menjadi tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023.

FIFA resmi membatalkan Piala Dunia U-20 2021 dengan alasan masih merebaknya pandemi virus Corona di dunia. Keputusan itu diumumkan pada Kamis (24/12/2020) malam WIB.

“Agar pada tahun 2023 program berjalan dengan lancar, komunikasi dan koordinasi yang erat antara FIFA, PSSI, dan LOC tetap berjalan,” kata Iwan Budianto dalam rilis PSSI yang diterima Suara.com.
“Sembari menunggu surat resmi tentang pembatalan ini dari FIFA, kita akan laporkan ke berbagai belah pihak” tambahnya.

Iwan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia (INAFOC) menambahkan, PSSI sangat mengapresiasi dukungan pemerintah terhadap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Iwan Budianto juga memastikan koordinasi antara PSSI dan INAFOC terus berjalan dengan lancar, meski Piala Dunia ditunda sampai dua tahun ke depan.

 

“PSSI mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia khususnya Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan semua pihak yang telah mendukung persiapan FIFA U-20 World Cup Indonesia 2021,” ucapnya.

“PSSI dan LOC akan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan INAFOC untuk memastikan semuanya berjalan lancar di tahun 2023,” pungkasnya.
Pandemi COVID-19 jadi salah satu alasan dibatalkannya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun depan.
rumah di Piala Dunia U-20 2023.
FIFA tak hanya membatalkan gelaran Piala Dunia U-20 tahun depan. Pandemi Covid-19 juga memaksa mereka untuk Piala Dunia U-17 yang berlangsung di Peru.

Meski demikian, FIFA secara konsisten akan terus berkomunikasi asosiasi anggota tuan rumah dan konfederasi sepakbola yang terlibat dalam dua ajang besar itu.

“FIFA mengucapkan terima kasih kepada asosiasi anggota tuan rumah (dalam hal ini PSSI), serta pihak berwenang di Indonesia dan Peru atas komitmen dan persiapan yang dilakukan selama ini,” demikian pernyataan resmi FIFA di laman resminya.

“FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses.” (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *