Sumut  

Nawal Apresiasi Perkembangan TBM Kafe dan Sanggar Lingkaran Di Desa Denai Lama

MEDANHEADLINES.COM, Deli Serdang – Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi perkembangan taman bacaan masyarakat (TBM) Kafe dan Sanggar Lingkaran, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu Deli Serdang yang kini semakin baik. Hal itu disampaikannya saat silaturahmi ke TBM tersebut dalam agenda kunjungan kerja, Jumat (18/12).

Usai menikmati suguhan tarian kreasi Zapin Lingkaran dari sanggar tersebut, Nawal pun menyampaikan apresiasinya kepada penggiat dan semua pihak yang terlibat serta mendukung keberadaan TBM tersebut bagi warga setempat. Namun ia juga mengingatkan bahwa kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir. Meskipun sekarang perkembangannya melandai, tidak lantas membuat warga lengah dan lalai menerapkan protokol kesehatan.

“Kita bisa tetap beraktivias, walaupun Covid-19 masih ada. Tetapi tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak interaksi, ingat ya 3M,” tegas Nawal.

Keberadan TBM Kafe dan Sanggar Lingkaran ini, kata Nawal, begitu bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi tantangan modernisasi serta kebiasaan yang tidak baik berada di depan mata para anak muda generasi penerus bangsa.

“Semoga TBM Lingkaran ini bisa lebih luas lagi jangkauannya, agar menjadi yang terbaik. Ini sangat baik untuk masa depan anak-anak kita nanti. Supaya mereka tidak terlibat narkoba,” kata Nawal didampingi Kadis Perpustakaan dan Arsip Sumut Halen Purba.

 

Dirinya pun menyempatkan berkeliling TBM Kafe dan Sanggar Lingkaran, melihat aktivitas para anak muda seperti belajar sambil bermain, sarana latihan seni budaya hingga lokasi yang dijadikan kafe bagi pengunjung yang ingin makan/minum dan berwisata di tempat itu dengan suasana asri.

Untuk membesarkan dan menggaungkan kampung literasi di Deli Serdang, Nawal pun meminta kepada Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) TP PKK) Deli Serdang Yunita Azhari Tambunan untuk bersedia menjadi Ketua GPMB di daerah sebagai wujud keseriusan dalam mengembangkan minat baca masyarakat, terutama para generasi muda.

Menyambut kedatangan Ketua GPMB Sumut dan rombongan, Pengeola TBM Kafe dan Sanggar Lingkaran Desa Denai Lama, Irwanto menyampaikan keberadaan lembaga ini adalah dalam rangka menjadikan generasi muda bisa mengenal budaya, membangun karakter serta nilai dan semangat bagi mereka yang punya mimpi (cita-cita).

“Kita juga ada kelompok pendampingan kaum ibu, serta pengembangan kafe baca untuk mengajak masyarakat luas agar semangat untuk membaca. Jadi sifatnya ini, pendidikan gratis untuk masyarakat,” sebut Irwanto.

Sementara keberadaan kafe di lokasi itu adalah dalam rangka membantu secara keuangan pengelolaan TBM tersebut. Sebab seluruh SDM pengajar di Sanggar Lingkaran adalah para relawan, baik yang berprofesi sebagai guru, mahasiswa tingat akhir maupun lainnya. Sehingga dinilai perlu memberikan uang penghargaan atas kerelaan meluangkan waktu mendampingi masyarakat.

“Jadi keuntungan yang didapat dari pengelolaan kafe ini dialokasikan untuk membantu relawan kita yang mengajar anak-anak di sini. Makanya kita tidak memungut biaya untuk pendidikan di sini, gratis,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua TP PKK Deli Serdang Yunita Ashari Tambunan yang ikut mendampingi Nawal juga terlihat santai menikmati suasana asri di kawasan TBM Kafe dan Sanggar Lingkaran itu. Ia juga menyanggupi permintaan untuk diangkat menjadi Ketua GPMB Deli Serdang, untuk menyebarluaskan dan memasyarakatkan minat baca masyarakat. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.