Hujan Terus Menerus, 42 Rumah Di Simalungun Terdampak Longsor

Tanah perbukitan longsor menimpa rumah warga di Nagori Bayu Muslimin, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun. (FOTO ANTARA/HO)

MEDANHEADLINES.COM – Hujan yang terus menerus terjadi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan bencana tanah longsor yang berdampak pada 42 unit rumah warga di Nagori Bayu Muslimin, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun

Pangulu (Kepala Desa Ahmad Simbolon, Sabtu (28/11), menjelaskan,Pada hari pertama, Longsor mengenai 20 rumah, dan saat pembersihan dari unsur kecamatan dan warga belum selesai,Hujan kembali datang lagi dan mengakibatkan longsor kembali yang berdampak ke 22 rumah lainnya

Dia berharap, Pemkab Simalungun memberikan bantuan kepada warga terdampak dan mengatasi agar longsor tidak lagi terjadi.

Dikatakan Ahmad, bencana alam berupa tanah longsor hampir setiap tahun selalu menimpa warga di desanya.
Bupati JR Saragih diwakili Sekretaris Daerah Mixnon Andreas Simamora mengatakan, Pemkab akan memberikan bantuan berupa bahan makanan pokok.

Pihaknya juga akan menentukan langkah antisipasi longsor berkordinasi dengan perangkat daerah terkait dan konsultan untuk penanganan sungai yang menyempit.

Penanaman pohon tanaman keras pada perbukitan yang mengelilingi desa menjadi langkah alternatif untuk pencegahan erosi.

Masyarakat yang bermukim di pinggiran tebing perbukitan diimbau untuk sementara waktu mengungsi ke tempat yang aman. (red/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *