Tinjau Bandara Kualanamu, Menhub Apresisi Penerapan Protokol Kesehatan dan Penerapan Teknologi Digital

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan sarana dan prasarana Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang dalam melayani para penumpang di tengah Pandemi Covid-19

Menhub yang sebelumnya melakukan peletakan batu pertama pembangunan Terminal Amplas itu melihat proses validasi dokumen kesehatan (hasil rapid test/PCR test) yang dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kementerian Kesehatan).

Setelah itu, Menhub melihat situasi di check in area serta boarding lounge yang merupakan tempat menunggu bagi pengguna jasa sebelum naik pesawat.Usai meninjau sisi darat Terminal, Menhub menuju sisi udara untuk melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) terhadap salah satu pesawat.

 

Menhub selanjutnya juga melakukan pengecekan alur keberangkatan, termasuk melihat para pengguna jasa yang belum memiliki rapid test di lantai Mezzanine yang langsung dikelola Farmalab.

“Saya pastikan bahwa layanan di Bandar Udara Kualanamu berjalan dengan baik. Saya apresiasi PT Angkasa Pura II, maskapai, KKP, AirNav Indonesia, Otoritas Bandara, dan khususnya TNI/Polri yang siaga penuh 24 jam,” kata Menhub seperti yang dilansir dari Antara, minggu (8/11)

Menhub juga mengapresiasi PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang yang telah memanfaatkan teknologi digital dalam pemeriksaan dokumen dengan aplikasi bernama Travelation.
Menhub juga mendorong pemanfaatan digitalisasi tidak hanya dapat dilaksanakan pada sektor angkutan udara, tetapi bisa dilakukan di sektor transportasi darat, laut, dan kereta api.

Kepada operator Bandar Udara Kualanamu maupun maskapai, Menhub berpesan agar bisa menjaga kepercayaan masyarakat.Jangan sampai pengguna jasa memiliki pengalaman yang tidak baik misalnya tidak ada jaga jarak, berdesak-desakan, dan lain sebagainya.

“Kalau hal itu terjadi mereka nanti akan kapok untuk datang ke Bandar Udara Kualanamu, dan yang rugi operator juga,” katanya.

Saat melakukan peninjauan di Bandara Kualanamu, Menhub juga membagi-bagikan masker gratis bagi para pengguna jasa, staf pihak ground handling, dan staf bandara. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *