Sumut  

Musim Penghujan, Warga Diminta Waspadai Penyakit Yang Turunkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Dalam beberapa hari terakhir, Sejumlah Wilayah di Sumatera Utara terus menerus diguyur hujan. Bahkan Akibat hujan ini sejumlah wilayah dilanda banjir

Melihat hal itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai penyakit yang sering muncul selama musim hujan terutama di masa pendemi COVID-19 saat ini.

“Saat ini wilayah Sumatera Utara sering diguyur hujan, untuk itu kita mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit lain selain COVID-19 di musim hujan ini,” kata Sekretaris Dinkes Sumut dr Aris Yudhariansyah

Aris yang juga Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Sumut menjelaskan beberapa penyakit yang sering muncul saat musim hujan seperti diare, flu, batuk, demam berdarah dengue (DBD) dan infeksi saluran pernafasan (ISPA).

 

“Penyakit-penyakit tersebut bisa menurunkan daya tahan tubuh yang berpotensi untuk memperbesar kemungkinan terinfeksi COVID-19, apalagi tidak menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Untuk itu, Aris mengimbau kepada masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat yakni dengan memakan makanan bergizi, olahraga yang teratur sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit.

“Tetap lakukan indikator-indikator hidup bersih dan sehat seperti makan-makanan bergizi, olahraga yang teratur, jangan merokok dan melaksanakan aktivitas fisik,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.