Pasangan Cabup dan Cawabup Serdang Bedagai Nomor Urut 1 Ziarah Makam Raja Bedagai

MEDANHEADLINES.COM, Sergai – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Nomor urut 1, Haji Darma Wijaya dan Haji Adlin Umar Yusri Tambunan menziarahi makam Raja Bedagai H. Tengku Ismail (Soeloeng Laoet) bin Sultan Oesman gelar Pangeran Nara Kelana di komplek pemakaman keluarga Raja Negeri Bedagai di jalan Masjid Tanjung Beringin, Sabtu (17/10/2020).

Didampingi Pangeran Bedagai, Tengku Ir. Achmad Syafei gelar tengku pangeran kelana, pasangan calon bupati dan wakil bupati Sergai menyempatkan diri berkeliling areal Masjid dan makam untuk melihat kondisi Masjid yang didirikan sejak tahun 1858.

Pangeran Bedagai, Tengku Ir. Achmad Syafei gelar tengku pangeran kelana berterimakasih kepada pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor urut 1 karna sudah mengunjungi dan mendoakan para leluhurnya. Dia berharap agar pasangan calon bupati dan wakil bupati ini dapat memperhatikan kerjaan Bedagai. Sebab selama ini perhatian pemerintah terhadap sejarah kerajaan Melayu ini khususnya sangat kurang.

“Selama ini perhatian pemerintah tidak ada, kami sudah minta ke pemerintah kabupaten Serdang Bedagai agar menyurati instansi terkait untuk memperhatikan kerjaan Bedagai sebagai peninggalan sejarah melayu disini, namun hingga kini tidak direspon”Jelasnya.

Selain itu, program kesenian juga harus digalakkan dan dilestarikan. Sebab banyak budaya dan seni melayu yang mulai hilang ditelan zaman, salah satunya tari pedang dan tari gebuk.

“kita juga ingin agar istana kerajaan melayu bedagai dapat dibangun kembali di tanah aslinya yang selama ini dijadikan kantor pemerintahan,”Tandasnya.

Kondisi kerjaan Bedagai dan Masjid Jamik Ismaliliyah yang ada di Tanjung Beringin ini sebagian besar masih belum direnovasi. Padahal Masjid dan Komplek pemakaman ini merupakan salah satu cagar kebudayaan melayu yang harus dilestarikan di Serdang Bedagai.

“Kami doakan agar pak Haji Darma Wijaya dan pak Haji Adlin Tambunan bisa memimpin Serdang Bedagai menuju kemajuan,”ungkapnya.

Sementara itu, Calon Bupati Serdang Bedagai Haji Darma Wijaya mengatakan jika terpilih memimpin Serdang Bedagai kedepan, dirinya bersama Adlin Umar Yusri Tambunan akan menjadikan cagar budaya menjadi salah satu prioritas program DAMBAAN.

“Keinginan membangun kembali istana kerajaan melayu bedagai akan kita akomodir. Bukan hanya itu, karena sebagian besar warga bedagai adalah orang melayu, maka akan kita jadikan istana melayu menjadi icobt serdang bedagai,”jelasnya.

Ditempat yang sama, calon Wakil Bupati Adlin Tambunan menambahkan kebudayaan itu penting, karena dengan budaya kita mengenal sejarah.

“kita tidak bisa pungkiri kebudayaan dan kesenian itu penting sehingga anak cucu kita mengenal sejarah. Dan itu bisa menjadi daya tarik kinjungan wisatawan ke Serdang Bedagai ini,”tandasnya

Sebelumnya, Calon Wakil Bupati Serdang Bedagai nomor urut 1 Haji Adlin Umar Yusri Tambunan menyempatkan diri melayani Pangeran Bedagai Tengku Ir. Achmad Syafei gelar Tengku Pangeran Kelana menyantap hidangan serapan pagi di RM Hj Murni Sei Rampah.

Selain mempererat silaturrahmi, Haji Adlin Umar Yusri Tambunan juga mendengarkan petuh dan sejarah berdirinya kerajaan Bedagai. Setelah itu dilanjutkan Sholat Dzuhur berjamaah di Masjid Jamik Ismailiyah. (tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *