Liga 1 Bakal di Gelar, Klub Bakal Disanksi Jika Fans Nekat Datang ke Stadion

Bendera sepak pojok dengan logo PT Liga Indonesia Baru. (ANTARA/HO-PT Liga Indonesia Baru)

MEDANHEADLINES.COM – Liga 1 2020 akan kembali berputar pada 1 Oktober mendatang setelah tertangguhkan sejak Maret lalu imbas pandemi COVID-19. Ada hukuman yang bakal diberikan kepada klub-klub peserta, jika suporternya nekat datang ke stadion lokasi pertandingan pada lanjutan kompetisi nanti.

Seperti diketahui, laga-laga lanjutan Liga 1 2020 memang akan dihelat secara tertutup tanpa penonton di stadion. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi persebaran virus Corona.

Aturan ekstrem pun dibuat oleh PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi dan PSSI selaku pembuat regulasi untuk mencegah kenekatan suporter.

Jika para pendukung nanti nekat datang mendukung langsung kesebelasan favoritnya di stadion, maka klub yang bersangkutan akan langsung dinyatakan kalah dalam pertandingan!

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menyebut aturan ini sudah disetujui oleh ke-18 klub peserta Liga 1 2020. Oleh karenanya, ia mengingatkan kepada para suporter untuk tidak bertindak konyol datang ke stadion.

“Iya betul, memang ada hukuman seperti itu. Kemarin juga (saat manager meeting) semua klub sepakat dengan usulan tersebut dari PSSI selaku regulator,” ungkap Akhmad saat dikonfirmasi Suara.com, Selasa (22/9/2020).

Beberapa aturan baru memang diterapkan dalam lanjutan Liga 1 2020 yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19. Tentu, protokol kesehatan ketat menjadi fokus utama.

Seluruh pertandingan Liga 1 2020 hingga musim rampung akan terpusat di Pulau Jawa, di mana untuk melakukan perjalanan away, setiap tim tak diperkenankan memakai pesawat.

PT LIB sudah menyiapkan dua bus untuk digunakan masing-masing tim saat melakukan perjalanan. Swab test COVID-19 juga menjadi aktivitas wajib yang bakal dilakukan klub-klub selama Liga 1 2020 berputar hingga 28 Februari 2021 mendatang.

Selain itu, kompetisi kasta teratas Tanah Air musim ini dipastikan tanpa degradasi. Meski begitu, tetap akan ada dua tim promosi dari Liga 2 2020 yang akan main di Liga 1 musim depan.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *