Pandemi Covid-19, Angka Pernikahan Menurun Drastis

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Angka pernikahan di Sumatera Utara masih menurun meski pemerintah sudah memperbolehkan resepsi pernikahan dan akad nikah di luar Kantor KUA

Dari data yang ada, Sejak Januari hingga akhir Juli 2020 kemarin, tercatat hanya sekitar 43.414 peristiwa pernikahan yang berlangsung di Sumatera Utara.

“Kalau dari angka pernikahan di masa pandemi ini ada semacam penurunan dari data yang kita terima, dimana pada periode yang sama di tahun 2019 tercatat sekitar 60 ribu pernikahan,” ucap Kabid Urais Kanwil Kemenag Sumut Dr H Syafii, Kamis (28/8).

Syafii menguraikan penurunan ini terjadi akibat sejumlah faktor diantaranya karena sebelumnya ada larangan dari pemerintah untuk melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. Kemudian faktor masyakarat itu sendiri yang memang sengaja untuk tidak mengadakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan seremonial seperti pernikahan.

“Dan ada juga sebagian masyarakat yang menunggu untuk melaksanakan pernikahan atau walimatul ursy usai pandemi. Itu lah makanya agak menurun angka pernikahan periode ini dibanding tahun sebelumnya,”beber Syafii.

Pemerintah lanjut Syafii melalui Kementerian Agama sudah membolehkan pelaksanaan akad nikah di luar kantor KUA. Begitu juga dengan resepsi pernikahan. Namun semuanya tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

“Kalo sebelumnya pernikahan yang bisa dilakukan di kantor KUA sekarang sudah bisa di luar sesuai surat edaran Binmas Islam Kemenag RI. Walimatul ursy juga dibolehkan tapi dengan menggunakan protokol kesehatan dimana kapasitasnya itu dibatasi,” terang Syafii.

Namun meski sudah diperbolehkan di masa adaptasi baru ini, angka pernikahan di Sumut belum terlalu menunjukan peningkatan. Faktornya juga karena pada saat masa memasuki adaptasi baru ini, umat Islam memasuki tahun baru hijriah.

“Dimana ada sebagian masyarakat beranggapan tidak boleh melakukan pernikahan di bulan Muharram hingga nanti ke bulan Safar. Makanya kita lihat sebulan ke depan,”pungkas Syafii. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *