Hujan Di Kawasan Gunung Sinabung , Kecamatan Tiganderket Dilanda Banjir Lahar Dingin

(Istimewa)

MEDANHEADLINES.COM, Tiganderket – Hujan deras yang terjadi beberapa hari belakangan di wilayah Gunung Sinabung mengakibatkan banjir lahar dingin di Aliran sungai yang ada di Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo

Plt. Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Peranginangin menjelaskan, Banjir lahar dingin itu terjadi di Desa Sukatendel dan Perbaji, Kecamatan Tiganderket dan membawa material kayu dan batu-batu ukuran kecil hingga sedang.

Banjir ini juga membuat Akses jalan di Kecamatan ‎Tiganderket sempat tertutup material karena lahar dingin yang meluap.

“Kita sudah koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Karo agar segera menurunkan alat berat untuk menormalisasi jalur transportasi. Tapi jalur transportasi sudah aman‎,” jelasnya.

Akibat luapan banjir lahar dingin, Natanail mengatakan pihaknya terus melakukan ‎pemantauan kondisi aliran sungai yang berada di kaki Gunung Sinabung. Selain itu, Natanail juga mengimbau kepada masyarakat terutama yang berada di kawasan sungai agar lebih waspada.

“Kami mengimbau warga di seputaran aliran sungai agar waspada. Rekomendasi dari Pos Pantau Sinabung kami sampaikan ke warga melalui pemerintah kecamatan dan melalui relawan-relawan pemantau sungai BPBD Karo,” terangnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *