Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik 5000 Meter

.

MEDANHEADLINES.COM, Karo – Gunung Sinabung yang berada di kabupaten Karo kembali erupsi, Senin (10/8) Siang. Erupsi kali ini Sinabung mengularkan abu vulkanik mencapai lebih kurang 5.000 meter dan berdampak ke tiga kecamatan yakni Kecamatan Namanteran, Merdeka dan Brastagi

Kepala Pos Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Armen Putra menuturkan bahwa erupsi Gunung Sinabung menyebabkan kolom abu yang berwarna coklat gelap dan mengarah timur dan tenggara.

” Erupsi kembali sekitar pukul 10.16,” Jelasnya

Armen juga mengimbau kepada warga yang terdampak abu vulkanik letusan Sinabung agar melindungi diri dengan menggunakan masker dan mengurangi aktivitas di luar rumah

Sebelumnya, Gunung Sinabung mengalami erupsi pada Sabtu (8/8) sekitar pukul 01.58 WIB. Abu vulkanik hasil erupsi terdistribusi di beberapa kecamatan, Kabupaten Karo. Tinggi kolom erupsi sekitar 2.000 meter di atas puncak.

Kemudian pada sore harinya Sinabung kembali erupsi dengan mengularkan abu vulkanik sejauh lebih kurang 1.000 meter.

Hingga Senin, tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *