Dalam Sepekan Terakhir, BMKG Catat 21 Kali Gempa Terjadi di Sumbagut

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Wilayah Bagian Sumatera Utara dan sekitarnya dalam kurun Seminggu terakhir (24-30 Juli) telah diguncang Gempa sebanyak 21 kali

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Deli Serdang, Sumut, Teguh Rahayu mengatakan dari 21 kejadian gempa bumi tersebut, 15 gempa bumi epicenter di darat sedangkan enam kejadian gempa bumi epicenter di laut.

Besaran magnitudo bervariasi antara magnitudo 2,1 hingga magnitudo 4,9 dengan kedalaman gempa bumi antara 3 km hingga 107 km.

Ia mengatakan dari 21 kejadian gempa bumi tersebut, terdapat 1 kejadian gempa bumi yang dapat dirasakan. Gempa bumi tersebut terjadi Senin (27/7) pukul 05.01 WIB.

” Hasil analisis menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter update magnitudo 4,9,” Jelasnya Seperti yang dilansir dari Antara

Dengan episenter terletak pada koordinat 0.60 LU dan 98.61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah Timur Laut Nias Selatan, Sumatera Utara, pada kedalaman 51 km.

Menurut dia, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Aek Godang, Sumatera Utara dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). (red/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *