Sumut  

Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Alat Berat Dilokasi Rawan Banjir Dan longsor

Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis. (Foto: Humas Pemprov Sumut)

MEDANHEADLINES.COM, Medan – BMKG dan PVMBG menyampaikan bahwa curah hujan di Sumatera utara selama Juli hingga September cukup tinggi. Untuk itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi bencana alam yang mungkin saja terjadi

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menyiapkan alat berat di sejumlah lokasi yang rawan longsor dan banjir.

“Posko juga sudah disiapkan dan wali kota/bupati kami sudah minta memantau info cuaca dari BMKG dan PVMBG,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis di Medan
Riadil mengungkapkan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga sudah mengeluarkan surat edaran tentang peringatan dini potensi banjir dan gerakan tanah kepada wali kota/bupati.

Surat edaran itu berisi meminta wali kota/bupati menyosialisasikan kesiapsiagaan dan antisipasi banjir serta longsor kepada masyarakat. Terutama yang tinggal di daerah aliran sungai. Selain itu, meminta kepala daerah terus mengupdate perolehan informasi dari PVMBG dan BMKG soal cuaca/iklim.

Dalam surat edaran, Gubernur Sumut juga meminta pemerintah daerah menata kembali perumahan, pemukiman, pertanian dan bangunan yang berada di kawasan daerah banjir sesuai dengan rencana tata ruang wilayah.

“Pak Gubernur berharap, bencana alam bisa ditekan atau diatasi dengan baik agar tidak ada korban harta dan jiwa,” Pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.