Sosialisasi Protokol Kesehatan di Pasar dan Pusat Perbelanjaan, Pemprovsu Kerahkan ASN

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengerahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajarannya, agar menyosialisasikan protokol kesehatan ke masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk menyikapai meningkatnya penyebaran virus Covid-19 di Wilayah Sumut

Dalam sosialisasi ini, Target utamanya adalah pasar tradisional dan modern yang ada di Medan dan sekitarnya, serta daerah yang termasuk dalam zona merah.

“Sesuai dengan arahan dan surat Gubernur, semua OPD dikerahkan untuk menyosialisasikan protokol kesehatan dan membagikan masker kepada masyarakat secara langsung. Untuk tahap ini yang menjadi targetnya adalah pasar di sekitaran Kota Medan. Karena pasar salah satu tempat yang rentan terjadi penyebaran Covid-19,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut, R Sabrina, Senin (29/6).

ASN juga diminta untuk mengimbau masyarakat agar membatasi kegiatan di luar rumah, memakai masker, sering menyuci tangan, menjaga jarak, tidak memegang wajah sebelum cuci tangan serta tidak membawa anak-anak ke tempat keramaian.

Menurut Sabrina, saat ini bagian terpenting melawan Covid-19 adalah partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk mencegah Covid-19.

“Kekuatan terbesar melawan Covid-19 adalah partisipasi masyarakat mencegah penyebaran Covid-19, kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan dalam melawan Covid-19. Dan ini adalah salah satu cara Pemprov Sumut untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat,” terang Sabrina.

Sementara itu, Biro Humas dan Keprotokolan Sekretaris Daerah (Setdaprov) Sumut bersama Biro Administrasi Pembangunan yang turut ambil bagian dalam sosialisasi ini mulai melakukan sosialisasi secara serentak mulai, Senin (29/6).

“Kita membagikan masker, hand sanitizer, face shield secara gratis terutama kepada petugas-petugas yang ada di mal ini. Kita juga berkeliling untuk memastikan pengunjung menaati protokol kesehatan dan bila ada yang melanggar seperti membuka masker kita ingatkan,” kata Kepala Biro Humas dan Keprotkolan Setdaprov Sumut, Hendra Dermawan Siregar, didampingi Kabag Pelayanan Media dan Informasi, Fahri Azhari.

Kegiatan sosialisasi yang juga melibatkan Satpol PP ini sendiri ditargetkan berjalan satu bulan. Di minggu pertama targetnya adalah pusat perbelanjaan baik modern maupun tradisional.

“Ini tahap pertama, kita lakukan satu minggu dengan targetnya pusat perbelanjaan karena tempat-tempat ini yang ramai dikunjungi masyarakat. Kemudian kita akan evaluasi kegiatan ini dan membenahinya bila ada kekurangannya. Minggu berikutnya lagi kita tentukan lagi di mana kita sosialisasi. Mudah-mudahan dengan begitu kesadaran masyarakat kita akan protokol kesehatan semakin meningkat,” terang Kepala Satpol PP Pemprov Sumut, Suryadi Bahar.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *