Dukung Era Normal Baru, Dinas Lingkungan Hidup Pemprovsu lakukan Aksi Bersih Danau toba

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Sumut Binsar Situmorang menyerahkan peralatan untuk aksi bersih Danau Toba di kawasan Tiga Ras dan Salbe, Kabupaten Simalungun. (FOTO ANTARA/HO)

MEDANHEADLINES.COM – Dalam rangka mendukung era normal baru, Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Sumut melakukan aksi bersih-bersih di Kawasan Danau Toba, Selasa (30/6).

Dalam Kegiatan bertajuk “Clean Up Danau Toba” itu dilakukan di wilayah Tiga Ras dan Salbe itu menggandeng PT JAPFA melalui anak usahanya PT Suri Tani Pemuka (STP) dan masyarakat sekitar.

Peserta membersihkan sampah dan limbah padat di sekitar permukaan danau untuk mendukung program pelestarian lingkungan hidup, serta pemulihan kualitas air Danau Toba.

Kegiatan berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut, Binsar Situmorang mengatakan, kegiatan itu untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup se dunia, 5 Juni 2020.

Diingatkan, kebersihan Danau Toba merupakan tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat maupun perusahaan.

“Karenanya, kita harus bersinergi secara aktif untuk memberikan kontribusi nyata demi kebersihan dan kelestarian Danau Toba,” katanya.

Deputy Head of Tilapia Operation Simalungun (PT STP) Imam Santoso mengatakan, sejak tahun 2017, pihaknya secara rutin berpartisipasi dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Kontribusi itu, seperti menginisiasi program Gerakan Aksi Untuk Lingkungan, pelatihan pengolahan pupuk organik cair dari limbah sisa produksi, penghijauan di Daerah Tangkapan Air Danau Toba seluas 20 Ha melalui penanaman 11.000 pohon, pemasangan filter air bersih, serta pelaksanakan Kids Go Green yang menyasar anak usia sekolah dasar.

Dalam menjalankan bisnis, pihaknya selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan menerapkan pola budidaya ikan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. (red/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *