Alumni IMATATSI : Jamaluddin Pohan Sosok Ramah Yang Selalu Mendukung Kegiatan Mahasiswa

MEDANHEADLINES, Medan – Siapa yang paling pantas dipilih masyarakat jadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga saat ini? Pertanyaan tersebut muncul saat awak media bertemu dengan Mantan Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Tapanuli Tengah – Sibolga (Imatatsi) Hengki Tanjung SH.

Hengki sapaan akrabnya, sesaat tersenyum dan menjawab nama Jamaluddin Pohan.

“Jamaluddin Pohan, ya hanya Jamaluddin Pohan,”ujarnya.

Hengki pun bercerita, saat ia menjadi mahasiswa, Jamaluddin Pohan sangat mendukung semua kegiatan- kegiatan yang dijalankan mahasiswa.

“Ini langsung saya rasakan sendiri sebagai ketua Imatatsi pada masa itu, kami mahasiswa merasakan manfaat dari beliau dan sosok Jamaluddin Pohan yang hangat menjamu mahasiswa. Ia seorang Bapak dan pemimpin yang ramah. Semua aktifitas dan kegiatan kemahasiswaan dapat berjalan dengan baik dan lancar dengan andil beliau,”ungkapnya.

Sebagai contoh pada saat itu, Hengki menceritakan,  ketika mahasiswa mengadakan Festival Musik se-Kabupaten Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan yang diselenggarakan di Pantai Indah Kalangan.

Kala itu, sebagai pejabat, Jamaluddin Pohan langsung mendukung kegiatan dengan memberikan bantuan biaya penyelenggaraan dengan fasilitasnya.

“Sebagai Bapak bagi kami mahasiswa, beliau juga memberikan nasehat dan memberikan ide-idenya,  bagaimana memajukan budaya pesisir. Hal ini tercermin dari setiap ada acara atau festival yang diselenggarakan di Kabupaten Tapanuli Tengah, harus dibuka dengan tarian tradisional kita, yaitu Sikambang. Beliau selalu bilang, ‘kok indak kito yang mamajukan Sikambang ko, siapo lai?, itu lah bahasa bijak Jamaluddin Pohan yang cinta akan budaya pesisir,”jelasnya.

Ditambahkan Hengki, jasa Jamaluddin Pohan sangat terasa bagi mahasiswa, sebab diberikan kesempatan untuk andil dalam setiap acara Pekan Raya Sumatera Utara ( PRSU ) sebagai petugas pemandu Paviliun Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Mahasiswa diberi kesempatan, dimana kegiatan ini selain merasa bangga juga dapat membantu dan meringankan beban biaya kuliah selama 1 bulan. Hal ini, dilakukan secara continue setiap ada PRSU,”

Hal itu, kata Hengki, tidak hanya saat beliau jadi Wakil Bupati Tapteng. Setelah tidak jadi Wakil Bupati pun, Jamaluddin Pohan sangat ramah dan merangkul mahasiswa dalam kegiatan positif.

“Beliau sosok yang ramah, dekat dengan mahasiswa, dekat dengan masyarakat. Ia lebih mengutamakan kegiatan positif untuk khalayak, dan tak pandang bulu. Sosok bapak, yang benar-benar mengayomi anak-anaknya di kalangan mahasiswa,”pungkasnya. (raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *