Tokoh Pemuda Sibolga : Dukungan Partai Dan Kekuatan Figur Kunci Kemenangan Pilkada

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Pemilihan Kepala Daerah, sudah semakin dekat. Beberapa bakal calon muncul ke permukaan. Nama-nama digaungkan hingga ke pelosok kota. Berbagai pendapat bermunculan, dengan analisis yang diutarakan.

Tokoh Pemuda Sumut, Hengki Tanjung SH pun angkat suara. Menurut pria yang akrab disapa Hengki ini, banyaknya bakal calon hanya patut dihitung, tapi sedikit yang layak diperhitungkan.

“Beda antara nama-nama yang dihitung, dan nama yang diperhitungkan. Nah, dalam Pilkada harus dilihat secara holistik. Namun, tetap saja, dukungan partai dan kekuatan figur adalah kunci utama meraih kemenangan,”ujarnya saat bertemu awak media di Medan.

Mantan Alumni Imatatsi ini pun memberikan analisis. Menurut ia, nama yang menjadi sorotan tentunya harus didalami kembali. Tidak serta merta tahu nama saja dan membayangkan bahwa nama itu ansih sebagai bakal calon.

“Setiap nama memiliki track of record. Tapi, warga Kota Sibolga juga harus cerdas. Ayo sama-sama mendalami, mana yang benar-benar layak. Jangan tahu nama bakal calon, dari orang saja. Kalau bahasa Sibolga, “kato si ikko-kato si ikko”. Tapi, ayo dalami, apa saja yang telah dibuat bakal calon tersebut, siapa dia, bagaimana dia, apa yang hendak dibuatnya dan sebagainya. Sebab, orang cerdas, pasti tahu akan memilih siapa,”terangnya.

Disampaikan Hengki, dari analisis yang ia lakukan, saat ini, nama Jamaluddin Pohan dan Pantas L Tobing tampak lebih siap. Pasangan tersebut pun kini menjadi sorotan publik dan lebih unggul dari beberapa nama lainnya.

“JP tampak sudah mantap bergandengan tangan dengan partai Gerindra sebagai partai yang pertama kali memberikan rekomendasi dan disusul oleh partai Demokrat. Dukungan kedua partai ini telah memantapkan JP melaju ke proses selanjutnya yang nota bene sebagai syarat pencalonan partai minimal 20% dari jumlah kursi DPRD. Nah, dengan itu, tampak Jamaluddin Pohan dan Pantas L Tobing lebih siap maju menjadi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga,”terangnya.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Sibolga, Irwansyah Harahap ST mengatakan, Jamaluddin Pohan jelas lebih layak untuk menjadi Wali Kota Sibolga.

“Analisis saya, bukan tanpa landasan. Figur Jamaluddin Pohan membangun dan menjalankan usahanya kebanyakan di Sibolga dan Tapteng. Dari nama-nama bakal calon, yang pertama kali terjun di pemerintahan adalah Jamaluddin Pohan. Ia pernah jadi Wakil Bupati Tapteng dan pernah di legislatif dua periode dan juga masuk dalam struktur organisasi kemasyarakat baik dalam kepengurusan dan dewan pembina LSM. Saya sepakat dengan tagline visi-misi JP yang dikemukakan, yakni Sibolga Sehat, Sibolga Pintar dan Sibolga Makmur,” katanya.

Mantan Aktivis Mahasiswa ini pun membedah tiga poin yang menjadi visi dari JP. Menurutnya, sebelum menyatakan niat maju, tiga poin ini sudah menginternalisasi dalam diri JP. Bahkan, ia sudah berbuat dan membuktikan hal tersebut.

Sibolga Sehat, kata Irwansyah, basic JP adalah seorang pengusaha. Ketika beliau di PT ASSA dan menjadi pengurus serta dewan pembina di LSM, kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk menyehatkan masyarakat Sibolga seperti kompetisi sepak bola skala nasional dan olahraga lainnya, serta kegiatan untuk kebersihan dan penataan lingkungan.

“Program Sibolga Sehat, tentunya sangat baik, apabila JP jadi Wali Kota. Bersih-bersih di semua lingkungan di Sibolga, penataan ruang kumuh dan pembangunan taman hijau, serta menerapkan kesehatan gratis kepada masyarakat sibolga,”ujarnya.

Terkait, Sibolga Pintar, lanjutnya, sepak terjang JP untuk menciptakan Sibolga Pintar tidak perlu disangsikan lagi, sebab JP sudah terbukti peduli pada pendidikan.

“Ya, beliau adalah salah satu pendiri dan dewan penasehat SMP Al Muslimin yang sekarang membentuk dan menghasilkan generasi yang pintar, cerdas dan berakhlak mulia yang bisa dibanggakan di skala Provinsi Sumatera Utara bahkan skala nasional. JP juga pernah menjadi dewan pembina di organisasi kepemudaan, pelajar dan kamahasiswaan. Program sekolah gratis dan mendukung siswa berprestasi tentunya sudah di depan mata, jika JP jadi Wali Kota,”katanya.

Terakhir, Sibolga Makmur. Irwansyah menjelaskan, landasan pengusahanya seorang JP telah menunjukkan bahwasanya banyak karyawan dan karyawati yang bekerja di perusahaannya diberikan gaji layak, dan artinya mereka bagian dari masyarakat Sibolga terselamatkan dari namanya pengangguran.

Hengki Tanjung pun menimpali, selama ini, Jamaluddin Pohan, sudah turut andil mengurangi tingkat pengangguran dan perbaikan ekonomi di Kota Sibolga.

Sebagai pengusaha dalam bidang perikanan, sambung Hengki, JP juga telah membuktikan ia satu-satunya pengusaha yang menggunakan Cold Storage, yaitu, alat penyimpanan hasil tangkapan ikan nelayan guna meningkatkan kualitas.

“Cold Storage, dilihat dari fungsi dan kegunaannya, mempunyai peranan penting untuk menjaga kualitas hasil tangkapan nelayan, sebelum akhirnya didistribusikan ke konsumen. Sehingga peranan Cold Storage juga dapat menjaga harga jual tangkapan nelayan tidak mengalami penurunan di saat hasil tangkapan sedang menurun,”ucap Hengki.

Ditambahkan, bila dilihat dari segi manfaatnya Cold Storage untuk beberapa nelayan kecil salah satunya bisa berimbas langsung terhadap pendapatan nelayan, sehingga kekhawatiran untuk mengalami kerugian menjadi sangat kecil. Kekhawatiran akan kerugian yang bisa dialami nelayan sangat cukup beralasan, mengingat saat ini bisa dilihat, khususnya yang dialami nelayan, di saat hasil tangkapan ikan melimpah dengan jumlah yang banyak secara otomatis akan berdampak pada turunnya harga ikan.

“Kehadiran Cold Storage bisa menjadi solusi. Semoga semua nelayan nantinya bisa menggunakan ini, agar kemakmuran nelayan segera trealisasi,”terangnya.

Irwansyah menambahkan, JP juga telah menyiapkan mesin Fish Dyer Mechine, yakni alat pengering ikan bagi nelayan ikan asin.

“Nah, alat ini berguna sebagai alat pengering ikan sebelum ikan yang sudah diproses tadi benar-benar kering dan siap dipasarkan menjadi ikan asin. Alat ini pastinya sangat berguna untuk kemakmuran pengusaha ikan asin di Kota Sibolga,”jelasnya.

Terakhir dijabarkan Irwansyah, pengalaman pernah menjabat sebagai anggota Legislatif juga akan menguatkan, Sibolga akan makmur apabila dipimpin JP.

“Beliau mengerti setiap anggaran yang akan dipergunakan untuk meningkatkan pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Semoga hal itu bisa direalisasi, dan saya yakin Sibolga akan maju jika JP jadi Wali Kota. Ya, sehingga Sibolga ke depan adalah Sibolga Sehat, Sibolga Pintar dan Sibolga Makmur,”pungkasnya. (raj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *