Mulai 1 Juni, Klub Spanyol Sudah Bisa Kembali Berlatih Normal

Pemain Barcelona berlatih di Stadion San Paolo jelang leg pertama babak 16 Liga Champions kontra Napoli. [AFP]

MEDANHEADLINES.COM – Klub-klub Liga Spanyol diizinkan berlatih penuh mulai Senin (1/6/2020) menyusul terbitnya peraturan pemerintah Spanyol mengenai pelonggaran karantina wilayah pencegahan virus corona COVID-19 pada Sabtu (30/5/2020).

Dimulainya sesi latihan penuh tersebut dinilai menjadi langkah positif dari protokol latihan yang disusun pihak La Liga, operator kompetisi, bersama Dewan Olahraga Nasional Spanyol (CSD). Protokol latihan itu sendiri sebelumnya dibagi dalam empat fase,

Fase pertama dimulai awal Mei, ketika tes medis dilakukan terhadap pemain, pelatih dan staf semua tim peserta La Liga dan Divisi Segunda. Klub juga diperbolehkan menggelar latihan di fasilitas yang mereka miliki, dengan catatan para pemain berlatih individu.

Beberapa pekan kemudian, pada 18 Mei, sesi latihan diizinkan berlangsung dalam kelompok kecil hingga 10 pemain, yang tak lama berselang diperbesar menjadi 14 pemain.

Sesi latihan penuh pada awal Juni merupakan fase keempat sekaligus langkah terakhir dari protokol latihan yang akan menandai persiapan sepak bola Spanyol melanjutkan kompetisi di musim 2019/20. Rencananya, kompetisi akan kembali bergulir pada 11 Juni.

Sebagaimana diketahui, kompetisi sepak bola profesional di Spanyol ditangguhkan sejak 12 Maret lalu karena pandemi virus corona COVID-19.

Sejak itu, La Liga terus bahu membahu bersama CSD, Kementerian Kesehatan Spanyol dan federasi sepak bola Spanyol (RFEF) untuk bisa segera kembali menggelar kompetisi secara aman dan sesuai arahan otoritas kesehatan.

Sebagaimana dikonfirmasi oleh CSD, Liga Spanyol musim 2019/20 akan kembali bergulir mulai 11 Juni dan dijadwalkan berakhir pada 18-19 Juli. Namun jadwal yang telah disusun mungkin saja berubah, tergantung pada perkembangan situasi pandemi corona di negeri itu.

Liga Spanyol musim 2019/20 masih menyisakan 11 pertandingan dan Barcelona untuk sementara memimpin klasemen dengan koleksi 58 poin atau unggul dua poin dari rival abadinya, Real Madrid, yang membayangi di posisi kedua.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *