Perayaan Lebaran di Sumut, Kabid Humas: Situasi Berjalan Kondusif

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja saat memberikan keterangan kepada wartawan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada perayaan Idul Fitri 1441 H/2020 di Sumatera Utara (Sumut) berjalan tanpa adanya gangguan.

“Kamtibmas di Sumut pada lebaran kali ini cukup kondusif,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan, Senin (25/5).

Untuk pengamanan, lanjut Tatan, Polda Sumut mengerahkan 11 ribu personel. Mereka disiagakan di 114 pos-pos Pengamanan Operasi Ketupat Toba 2020.

“25 diantaranya adalah pos check point penyekatan untuk mengantisipasi pemudik yang masuk atau keluar Sumut. Ini tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, terkait larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ucap Tatan.

Masih dikatakan Tatan, saat ini personel yang berada di pos cheks point masih melakukan pemeriksaan guna mengantisipasi masuknya kendaraan pemudik dari luar kota ke Sumut.

“Petugas di sana terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP dan tim medis,” ujarnya.

Tatan juga menjelaskan, buat masyarakat yang ingin masuk ke Sumut harus memenuhi beberapa syarat. Diantaranya, ada surat yang menyatakan rapid test negatif dan surat perjalanan berpergian yang jelas. Selanjutnya, saat tiba di Pos Check Point perbatasan, akan diperiksa suhu tubuhnya dan kendaraan disemprot disinfektan. Jika tidak memenuhi standart itu, maka mereka akan diarahkan kembali.

“Sejauh ini ada 800 kendaraan pemudik yang kita putar balik ke daerah masing-masing,” jelas Tatan. (Afd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *