Pandemi Covid-19, Menag Imbau Umat Muslim Salat Idul Fitri di Rumah

ilustrasi sholat ied

Umat muslim melaksanakan Sholat Idul Fitri di kawasan pelabuhan Sunda Kelapa, Rabu (5/6). [Suara.com/Arief Hermawan P]

MEDANHEADLINES.COM – Dalam hitungan hari, umat muslim akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.Namun, Untuk tahun ini, hari kemenangan bagi umat muslim ini terjadi di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Menteri Agama Fahcrul Razi menyarankan agar umat muslim dapat menjalankan salat Idul Fitri di rumah masing-masing dengan hanya melibatkan keluarga inti.

Fachrul menyadari kalau saat ini umat muslim menjalani bulan ramadan dengan suasana yang berbeda di mana adanya pandemi Covid-19 di tanah air. Ia sangat berharap kalau pandemi itu dapat segera berakhir sesegera mungkin.

Akan tetapi dikarenakan penyebaran virus dianggap masih membahayakan, maka ia pun mengimbau kepada umat muslim untuk melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di rumah masing-masing.

“Saya imbau umat Islam menjalankan Salat Ied di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan Covid-19,” kata Fachrul di Jakarta, Rabu (13/5/2020).

Fachrul menegaskan kepada umat muslim untuk bisa mengusahakan pelaksanaan salat Idul Fitri tetap berjalan. Akan tetapi caranya saja yang diubah.

Kalau sebelum ada pandemi, umat muslim melaksanakan salat Idul Fitri di masjid serta lapangan terbuka, saling berbaur satu sama lain. Kini masyarakat harus bersabar dengan melakukan salat Ied di rumah.

Dengan begitu, Fachrul pun meminta kepada para ulama termasuk MUI untuk bisa terus memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang hukum fiqih Islam dan tata cara salat Idul Fitri yang termasuk ke dalam sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan.

“Usahakan Salat Ied jangan ditinggalkan, tapi diselenggarakan bersama keluarga di rumah, sesuai teladan Rasulullah SAW yang tidak pernah meninggalkan shalat Ied,” ujarnya.

Meskipun suasana pelaksanaan salat Idul Fitri berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Fachrul berharap kepada seluruh umat muslim di Indonesia tetap menyambutnya dengan sukacita.

“Mari kita sambut kehadiran Idul Fitri 1441 H dengan suka-cita dan bahagia, karena itu adalah hari kemenangan dan hari kembalinya kita ke fitrah yang suci. Mari berbagi kepedulian kepada yang memerlukan, agar mereka juga dapat berlebaran seperti kita semua,” ucapnya.

“Pandemi Covid-19 tidak boleh mengurangi kebahagiaan dan kegembiraan kita dalam menyambut Idul Fitri 1441 H. Taqobalallahu Minna Waminkum, Semoga Allah menerima amal kita semua,” pungkasnya.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.