BI Sumut Siapkan Rp 13,5 Triliun Jelang Ramadan Dan Idulfitri

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Utara (Sumut) telah menyiapkan uang kartal senilai Rp 13,5 triliun menjelang ramadan dan idul fitri tahun ini

Kepala Perwakilan BI Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, mengatakan, persediaan saat ini lebih dari 137% dibandingkan realisasi penarikan perbankan selama periode Ramadan dan Idulfitri 2019 yang mencapai Rp 9,8 triliun.

“Tentu kita berharap masyarakat bisa memenuhi kebutuhan selama ramadan dan idulfitri, termasuk untuk uang pecahan kecil (UPK),” katanya, Rabu (22/4/2020).

Wiwiek menambahkan, Ada perbedaan terkait penukaran UPK. Jika tahun sebelumnya BI dan perbankan bekerja sama membuka loket-loket penukaran UPK, tahun ini kegiatan tersebut ditiadakan. Termasuk penukaran uang yang dilakukan melalui kas keliling.

Pemenuhan kebutuhan UPK masyarakat, kata Wiwiek, dipenuhi melalui penukaran di kantor-kantor cabang utama dan kantor-kantor cabang pembantu perbankan di seluruh wilayah Sumut.

“Kami akan pastikan bahwa kebutuhan masyarakat akan UPK akan tetap terpenuhi dengan baik. Tapi tahun ini, pelaksanaannya dilakukan perbankan. Loket penukaran dengan menggunakan mobil kas keliling untuk sementara ditiadakan. Jadi masyarakat harus ke kantor bank untuk menukarkan uang mereka,” Pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *