Alat PCR Tiba Di Sumut, Pekan Depan Sudah Bisa Digunakan

Ilustrasi PCR

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Dua alat Polymerase Chain Reaction (PCR) bantuan dari Kementerian Kesehatan saat sudah tiba d Sumatera Utara.

Alat PCR ini digunakan untuk memeriksa spesimen swab tenggorokan pasien terduga terinfeksi virus corona atau COVID-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara, dr Aris Yudhariansyah, Kamis (16/4), menyebutkan, alat tersebut direncanakan akan beroperasi mulai Senin (20/4) pekan depan.

“Dalam waktu dekat ini kita sudah bisa mengirimkan spesimen-spesimen sampel pasien terduga COVID-19 ke RS USU,” katanya.

Dengan adanya alat PCR tersebut, kata Aris, diharapkan dapat membantu Pemerintah Provinsi Sumut untuk mendeteksi lebih awal penyebaran COVID-19.

“Sehingga kita tidak perlu lagi berlama-lama menunggu pengiriman dan pemeriksaan yang selama ini kita lakukan di Balitbangkes di Jakarta. Insya Allah akurasi alat yang ada di USU sama dengan yang ada di Balitbangkes di Jakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor USU Runtung Sitep mengatakan bahan utama pemeriksan swab juga sudah ada, Rabu (15/4).

” Alhamdulilah Reagenesia yang menjadi bahan utama melakukan swab pasein PDP COVID-19 dengan menggunakan PCR telah tiba di Rumah Sakit Sumatera Utara kemarin sore,” ujarrnya, Kamis (16/4)

Bahan Reagenesia yang tiba di USU itu nantinya bisa dipakai untuk 333 pasien dimana 300 diataranya merupakan sumbangan dari Litbangkes Jakarta.

” USU sendiri telah memesan untuk 1000 pasien, tetapi baru tiba untuk 33 pasien. Begitu tiba sore kemarin di uji coba oleh tim yang sudah disiapkan melakukan swab dengan menggunakan 2 unit PCR milik RS USU dan hasilnya baik,” ujar Runtung.

Namun untuk sementara ini, Reaganesia baru bisa diperuntukkan untuk 333 pasien.

” Diharapkan pesanan RS USU yang masih ada untuk kebutuhan 967 pasien lagi segera tiba,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *