Pasien Positif Covid-19 Di Sumut Naik Menjadi 96 Orang, PDP 105 Dan Sembuh 10 Orang

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Gugus Tugas penanganan Covid-19 Sumatera Utara Kembali memperbaharui data penyebaran virus covid-19 di Wilayah Sumut

Hingga Senin (13/4), Gugus Tugas mencatat, adanya penambahan 6 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga menjadi 96 orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 90 orang.

Dari jumlah pasien yang positif, 72 orang berdasarkan hasil  swab tenggorok dan metode reaksi berantai polimerase atau lebih umum dikenal sebagai PCR (polymerase chain reaction). Sementara 24 lainnya terkonfirmasi lewat metode pemeriksaan cepat (rapid test).

Pada jumlah Pasien Dalam pengawasan (PDP) mengalami penurunan. PDP hari ini tercatat sebanyak 105 orang. Menurun dari hari sebelumnya sebayak 145 orang. Untuk jumlah ODP atau Orang Dalam Pemantauan juga mengalami penurunan dari 2.603 orang menjadi 2.509 orang.

Kabar baik datang dari data orang yang sembuh. Jumlahnya bertambah 1 orang menjadi 10 orang. Pasien yang sembuh adalah perempuan berusia 48 tahun. Dia dirawat di RSUP H Adam Malik sejak 28 Maret dan dinyatakan sembuh setelah dua kali pemeriksaan PCR dengan hasil negatif.

Untuk pasien positif COVID-19 yang terkonfirmasi meninggal dunia jumlahnya tetap sama sebanyak 9 orang. Pengurusan jenazah sudah dilaksanakan sesuai dengan protap yang berlaku. Akan diurus sedemikian rupa agar terhindar dari penularan terhadap keluarga maupun lingkungan sekitar.

“Kepada pihak keluarga yang berduka, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut turut berbela sungkawa dan kami sangat mengimbau agar dapat mengiklaskan keluarganya, agar dapat diurus secara protokol sesuai pemulasaran jenazah Covid-19,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut Mayor Kes dr Whiko Irwan, Senin petang.

Whiko juga menjelaskan, saat ini Medan menjadi penyumbang terbanyak angka positif COVID-19. Medan juga sudah ditetapkan sebagai zona merah beberapa waktu lalu. Ada 51 kasus positif COVID-19 di Kota Medan. Disusul oleh Kabupaten Simalungun, 20 orang dan selanjutnya Deli Serdang (Zona Merah) tercatat 10 orang.

Kami mengapresiasi seluruh instansi maupun masyarakat yang telah berpartisipasi melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing. Seperti pembagian masker, penyediaan sarana cuci tangan, penyediaan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan di wilayah perumahan maupun di wilayah pemukiman umum dan fasilitas umum.  Ini merupakan upaya-upaya kita membantu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di wilayah Sumatera Utara,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *