Miliki Riwayat Jantung, Balita PDP Covid-19 Meninggal di RSUP H Adam Malik

MEDANHEADLINES.COM, Medan -Seorang balita berusia 2,5 tahun meninggal dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19.

Bocah perempuan itu meninggal di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan, Minggu (12/4) sekira pukul 03.00 WIB.

Kabar itu pun dibenarkan Kepala Sub Bagian Humas RSUP H Adam Malik Medan Rosario Dorothy Simanjuntak yang dikonfirmasi terkait hal tersebut

“Iya benar, ada PDP berusia balita yang meninggal dini hari tadi,” ujarnya, Minggu (12/4) Malam

Dijelaskannya, Bocah malang itu sebelumnya diisolasi di RSUP H Adam Malik sejak Sabtu (11/4) dan memiliki riwayat penyakit jantung.

“Namun ada gejala yang juga mengarah k COVID-19,” ungkapnya.

Kata Rosario, hanya anak malang itu yang berstatus PDP. Sedangkan orangtuanya tidak.

Pihak rumah sakit juga tidak melakukan rapid test. Tetapi langsung melakukan uji swab tenggorok dan metode reaksi berantai polimerase atau lebih umum dikenal sebagai PCR (polymerase chain reaction). Sampelnya juga dikirim ke Balitbang Kemenkes RI.

Jenazah balita itu juga sudah dimakamkan di TPU khusus korban COVID-19 di Simalingkar Medan. Pemulasaran jenazah juga dilakukan dengan protokol penanganan COVID-19.

Sementara itu, sore tadi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara dr Aris Yudhariansyah mengumumkan jika belum ada PDP ataupun positif COVID-19 yang masih berusia anak. Namun saat dikonfirmasi kembali terkait kasus di Adam Malik, Aris mengaku baru mengetahuinya.

“Iya Saya baru tahu. Di data kita belum masuk,” pungkasnya.

Kejadian ini sekaligus menjadi kasus pertama PDP meninggal dunia masih berusia anak yang terkonfirmasi. Sehingga saat ini, jumlah PDP yang meninggal dunia di rumah sakit tersebut berjumlah 2 orang.

Dikutip dari Instagram @rsupham, jumlah PDP yang dirawat sebanyak 10 orang, pasien positif 3 orang, PDP meninggal dunia 2 orang, pasien positif COVID-19 meninggal dunia 3 orang, dan pasien sembuh 8 orang.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *