Stok Darah di PMI Menipis, Polda Sumut Gelar Donor Darah

 

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Mewabahnya virus Corona (COVID-19) di Kota Medan berdampak ke berbagai Sektor mulai dari ekonomi hingga sosial, Bahkan Persedian darah Palang Merah Indonesia (PMI) dikabarkan menipis lantaran minimnya warga yang mau mendodorkan darah di tengah masifnya penyebaran virus mematikan ini.

Melihat situasi itu, Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin mengintruksikan ratusan personel Brimob dan Dit Samapta Polda Sumut mendonorkan darah untuk memenuhi persedian darah di PMI Sumut.

Kegiatan peduli kemanusiaan itu digelar di Aula Pelayanan Masyarakat (Yanma) markas satuan Brimob dan Dit Samapta Polda Sumut I, pada Kamis (09/04).

“Hari pertama kita melibatkan 300 personel dan nanti akan terus berlanjut. Kegiatan ini¬† sebagai bentuk kepedulian Polri, khususnya Polda Sumut untuk memberi bantuan kepada¬† masyarakat yang membutuhkan,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK melalui keterangan tertulisnya

Sementara, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan Harry Butarbutar menyambut baik kegiatan donor darah yang dilakukan Polda Sumut, untuk membantu penyediaan darah sehingga kebutuhan di masyarakat maupun rumah sakit dapat terpenuhi dengan baik. Selain itu mampu mencukupi kebutuhan pihak rumah sakit yang ada di kota ini.

“Biasanya PMI Kota Medan memiliki 1.500 kantong untuk kebutuhan darah di Medan dan sekitarnya. Akan tetapi sekarang sudah sangat menurun yaitu 500 kantong,” ujar Harry.

Masih dikatakan Harry, keuntungan bagi pendonor yang jelas dia pasti dinyatakan sehat dari penyakit khususnya sifilis, HIV, dan sebagainya. Karena, sebelum mendonorkan darah calon pendonor pasti akan mengikuti serangkaian tes agar memenuhi kreteria.

“Cek dimulai dari tes tensi, gula darah, dan sebagainya. Harry berharap ke depannya PMI Cabang Medan mampu melayani masyarakat dengan nyaman,” pungkasnya.(afd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *