Penuhi Kebutuhan Pokok Selama Wabah Corona, Pemerintah Telah Siapkan Dana Rp 25 T

Presiden Jokowi ketika menggelar Ratas Laporan Gugus Tugas Covid-19, 30 Maret 2020. (YouTube/Sekretariat Presiden)

MEDANHEADLINES.COM – Presiden Joko Widodo mengklaim pemerintah telah mencadangkan anggaran sebesar Rp25 triliiun untuk kebutuhan pokok termasuk untuk operasi pasar hingga logistik.

Menurutnya, anggaran puluhan triliun itu untuk memastikan kesediaan bahan pokok selama virus Corona (COVID-19).

“Antisipasi kebutuhan pokok, pemerintah mencadangkan Rp 25 triliun untuk pemenuhan kebutuhan pokok serta operasi pasar dan logistik,” ujar Jokowi dalam video konferensi pers di Istana Bogor, Selasa (31/3/2020).

Besaran dana tersebut menyusul keputusan pemerintah yang menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Sebelumnya, Jokowi menetapkan status gawat darurat kesehatan masyarakat buntut dari pandemi Covid-19 yang terjadi di Tanah Air. Hal tersebut mempertimbangkan faktor risiko dari wabah Covid-19.

“Pemerintah telah menetapkan Covid-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Dan oleh karenanya pemerintah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat,” ujar Jokowi dalam keterangan yang disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Dari faktor tersebut, pemerintah lantas memutuskan opsi pembatasan sosial berskala besar. Keputusan tersebut telah dibahas di rapat kabinet.

“Untuk mengatasi dampak wabah tersebut, saya telah memutuskan dalam rapat kabinet, opsi yang kita pilih adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB,” kata dia.(red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *