Pulang Dari Luar Negeri, Pemkab Tapteng Berikan Status ODP Ke 29 Orang Warganya

 

MEDANHEADLINES.COM,Tapteng – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara menetapkan sebanyak 29 orang warganya berstatus sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP).

“Mereka adalah warga Sarudik, Tapian Nauli, Kolang, Manduamas, Pandan,” kata Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Bupati, Jumat (20/3).

Menurut catatan Dinkes Tapteng, kata Bakhtiar 29 ODP tersebut merupakan warga yang baru pulang dari sejumlah negara.

Warganya itu diketahui melakukan perjalanan ke Malaysia, Turki, Swedia dan beberapa negara lain.

“Jika ke depan ada yang positif, langkah-langkah cepat akan dilakukan termasuk kordinasi dengan pihak provinsi Sumut,” jelasnya.

Bakhtiar menyebut, Dinkes Tapteng akan terus melakukan pengawasan secara berkala kepada 29 orang tersebut.
Dan hingga saat ini, kata Bakhtiar warganya yang berstatus ODP masih dalam keadaan sehat.

“Kami minta masyarakat jangan terlalu cemas dan juga jangan percaya diri berlebihan. Akan dilakukan penanganan kepada 29 ODP sesuai prosedur, percayakan kepada kami,” ujar Bakhtiar.

Bakhtiar mengingatkan agar tetap dilakukan pengawasan terhadap anak-anak sekolah yang saat ini diliburkan. Orangtua diminta tidak membiarkan anaknya ke luar rumah.

“Kita akan terus melakukan upaya pencegahan,” katanya.

Saat ini, kata Bakhtiar pihaknya juga telah menerjunkan para petugas dari sebanyak 25 Puskesmas di Tapteng untuk melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat publik.

“Kepada warga, kami meminta agar tak bepergian ke luar negeri,” harapnya.

“Ke luar daerah pun, kalau boleh jangan dulu, khusus SKPD saya sudah tegaskan agar tak melakukan perjalanan dinas tanpa seijin bupati,” Pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *