Sempat Unggul, AS Roma Malah Takluk 2-1 Lawan Atalanta

Pemain Atalanta rayakan gol ke gawang Juventus di perempat final Coppa Italia yang berlangsung di Bergamo, Kamis (31/1/2019) [AFP]

MEDANHEADLINES.COM – AS Roma harus menelan pil pahit setelah Takluk dengan tuan rumah Atalanta di laga lanjutan pekan ke-24 Serie A Liga Italia 2019/2020. Bermain di Stadion Atleti Azzurri d’Italia, Minggu (16/2/2020) dini hari WIB, Serigala Ibu Kota kalah 2-1.

Roma sebenarnya mengawali laga dengan unggul terlebih dahulu di menit 45 melalui sepakan keras Edin Dzeko. Namun Atalanta bangkit di babak kedua dengan membalas dua gol untuk mengunci kemenangan melalui sontekan bek Jose Luis Palomino menit 50 dan tendangan cantik dari pemain pengganti, Mario Pasalic di menit ke-59.

Dengan kekalahan ini, AS Roma gagal menyalip Atalanta di posisi empat klasemen sementara Serie A dan tertahan di posisi kelima dengan raihan 39 poin. Sementara bagi Atalanta, tambahan tiga poin memantapkan mereka di posisi keempat klasemen sementara dengan 45 poin.

Jalannya Pertandingan

Sejatinya AS Roma mengawali laga dengan cukup apik. Mereka langsung mencoba mengambil alih serangan sejak peluit babak pertama dimulai. Sejumlah upaya serangan dilakukan meski masih bisa diredam barisan pertahanan Atalanta.

Lewat 10 menit pertandingan, Atalanta mulai berbalik menekan. Serangan balik cepat dengan dikomandoi sang kapten Papu Gomez nyaris berbuah gol. Laga berjalan seru setelah kedua tim saling jual beli serangan.

Usai sepakan Josep Ilicic dari sisi kiri pertahanan Roma gagal menemui sasaran. Di menit 20, tim tamu mengancam melalui Mkhitaryan, sayang, upaya pemain pinjaman dari Manchester United itu masih bisa dimentahkan barisan belakang Atalanta.

Usaha keras AS Roma akhirnya berbuah Manis. Berawal dari kesalahan pemain belakang Atalanta mengontro bola di menit 45, Edin Dzeko dengan cepat merebut bola yang langsung berlari merangsek ke jantung pertahanan Atalanta.

Meski dipepet dua pemain Atalanta, Dzeko dengan tenang melepaskan tendangan keras kaki kanan yang gagal diadang kiper Gollini, dan gol! Roma unggul 0-1. Tak lama setelah gol itu, wasit meniup peluit berakhirnya babak pertama.

Selepas turun minum, Atalanta langsung tancap gas. Kombinasi Papu Gomez dan Josep Ilicic di sisi sayap cukup merepotkan pertahanan AS Roma.

Hingga kemudian di menit 50, gol penyeimbang akhirnya tercipta. Berawal dari skema tendangan sudut, bola yang ditanduk salah satu pemain Atalanta melebar di sisi kanan gawang Roma. Di situ, Palomino sudah menunggu tanpa pengawal, sang pemain langsung menyontek bola tanpa bisa dibendung kiper Lopez. Skor berubah jadi 1-1.

Selepas gol dari Palomino, serangan Atalanta kian agresif. Hal itu membuat para pemain Roma cukup kerepotan.

Melihat permainan sang ujung tombak Duvan Zapata kurang greget akibat terus dimarking pemain belakang Roma. Sang juru taktik Gasperini langsung menarik striker Kolombia itu untuk diganti dengan Mario Pasalic.

Upaya pergantian itu terbilang jitu, tak lama setelah masuk, pemain nomor punggung 88 itu langsung mencetak gol di sentuhan pertamanya dengan bola di menit 59.

Gol tersebut berawal dari upaya para pemain Atalanta yang merangsek ke daerah pertahanan AS Roma. Usai memenangi perebutan bola, Freuler melepaskan umpan datar ke arah Pasalic yang menunggu di kotak penalti tanpa pengawalan ketat, dengan sedikit kontrol sang pemain melepaskan tendangan melengkung kaki kanan yang meluncur deras ke sisi pojok kiri atas gawang Roma dan gol!. Skor berbalik 2-1 untuk Atalanta.

Setelah unggul, Atalanta tampak memilih bertahan. Sebaliknya, AS Roma mencoba meningkatkan serangan dengan memasukkan sejumlah pemain baru.

Berkali-kali mencoba membongkar pertahanan Atalanta, justru Roma yang kadang kerepotan ketika mendapatkan serangan balik cepat. Skor 2-1 tak berubah hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain

Atalanta (3-4-1-2): Gollini; Djimsiti, Palomino, Toloi; Gosens, De Roon, Freuler, Hateboer; Gomez (86′ Luis Muriel); Zapata (59′ Mario Pasalic), Ilicic (83′ Ruslan Malinovsky)

AS Roma (4-1-4-1): Lopez; Spinazzola, Smalling, Fazio, Peres; Mancini (68′ Jordan Veretout); Perotti (78′ Gonzalo Villar), Mkhitaryan, Pellegrini, Kluivert (62′ Carles Perez); Dzeko (red/suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *