Miliki Bank Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Harapkan Masyarakat Bijak Kelola Sampah

MEDANHEADLINES.COM, Asahan – Permasalahan lingkungan hidup saat ini semakin kompleks. Tak dipungkiri, perilaku negatif masyarakat dalam memperlakukan sampah kerap menjadi awal dari rentetan permasalahan lingkungan yang ada.

Begitupun di Kab. Asahan, masalah sampah juga menjadi momok yang mengusik kondisi lingkungan di bumi rambate rata raya tersebut.

Sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggung jawan pada kondisi lingkungan di Kab. Asahan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah lakukan berbagai upaya untuk menangani permasalahan sampah tersebut.

Terkini, DLH telah miliki Bank Sampah sebagai salah satu upaya untuk mengelola sampah dengan baik.

“Setiap minggunya, pengelola dan pengurus Bank Sampah DLH rutin lakukan pembelian sampah yang berasal dari masyarakat maupun OPD lain serta dibarengi dengan pendampingan dan pembinaan”, ujar Sofian, Sekretaris DLH Jumat (7/2/2020).

Sofyan juga menuturkan Bank Sampah terus berkembang. Hal tersebut terlihat dari peningkatan jumlah dana yang terkumpul dari penjualan sampah setiap anggota. Dirinya juga berpesan bahwa dana tabungan tersebut hendaknya dapat digunakan setiap anggota untuk keperluan sehari-hari sehingga meringankan perekonomian masyarakat.

“Kita berharap Bank Sampah dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola sampah”, pungkasnya. (zal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *