Kunjungi Desa Kinali Yang Terdampak Banjir, Bupati Tapteng Di Peluk Warga

 

MEDANHEADLINES.COM, Tapteng – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi bersama Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, meninjau tiga Kecamatan yang terdampak banjir. Yakni, Barus, Barus Utara dan Andam Dewi.

Selain menghantam tiga kecamatan itu, tujuh Desa/Kelurahan juga terdampak banjir yang terjadi pada Rabu (28/1).

Tujuh kelurahan Desa dan Kelurahan itu yakni Desa Kampung Mudik, Desa Pasar Terandam, Desa Bungo Tanjung, Desa Kinali, Desa Ujung Batu, Kelurahan Batu Gerigis dan Kelurahan Padang Masiang.

Gubsu Edy bersama Bupati Bakhtiar, tiba di Desa Kinali disambut warga desa dengan tangisan pilu. Saat banjir melanda, di Desa itu banyak rumah warga yang menjadi korban.

Di lokasi itu, tidak sedikit warga yang mayoritas kaum ibu memeluk Bupati Tapteng. Mereka mengungkapkan kepedihan atas musibah yang menimpa.

“Kami harapkan dari Pak Gubernur bantuan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada warga yang terdampak bencana. Banyak warga yang mengungsi karena rumahnya hancur akibat banjir Sungai Aek Sirahar. Mereka mohon agar dibantu untuk dapat membangun kembali rumahnya yang hancur diterjang banjir,” kata Bakhtiar.

Sementara itu, Gubsu Edy mengaku akan menyelesaikan permasalahan yang dialami warga. “Kita harus segera menyelesaikan kesulitan rakyat. Secara fisik ada rumahnya yang hancur, segera kita bangun. Ada yang kotor, kita bersama-sama bergotong royong,” kata Edy.

Dikatakan Gubsu Edy, saat ini pihaknya akan mencari tahu apa penyebab terjadinya banjir hingga didapatkan solusi penyelesaiannya.

“Harus ada langkah konkrit untuk menyelesaikan persoalan mengatasi banjir. Kenapa banjir terjadi? Apa yang harus dilakukan? Harus didapatkan persoalannya, lalu kita selesaikan persoalannya. Insyaallah ke depan rakyat kita tidak kebanjiran lagi,” tutur Edy.

Menurut Edy, untuk menangani persoalan banjir ini, diperlukan program yang tepat dan harus direalisasikan secepatnya.

“Kita cari tahu kenapa setiap hujan, air selalu naik ke rumah warga, itu yang harus kita ambil langkah, jadi ada masa waktu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang,” ucapnya.

Saat meninjau lokasi banjir, Gubsu Edy menyempatkan diri mengunjungi makam Aulia Syeh Imam Al Majidu Al Wakni Imanuddin, di Desa Kinali, Kecamatan Barus, bersama rombongan.(hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *