DKPP Copot Timo Dahlia Sebagai Ketua KPU Deli Serdang

MEDANHEADLINES.COM – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mencopot jabatan Timo Dahlia Daulay sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deli Serdang.

Uniknya, Pencopotan jabatan dari KPU Deli Serdang ini sudah dua kali dilakukan terhadapnya, Sebelumnya Timo juga sempat dipecat pada periode 2014-2019, namun Dia berhasil kembali terpilih dalam seleksi pada periode 2019-2024.

Ketua KPU Sumatera Utara Herdensi Adnin juga membenarkan pencopotan itu. Namun KPU Sumut masih menunggu salinan putusan dari DKPP.

“Kalau sudah ada salinannya akan langsung kita tindak lanjuti. Karena keputusan DKPP itu tetap dan mengikat,” kata Herdensi via seluler, Kamis (23/1).

Selain Timo, Komisioner KPU Deli Serdang Mulianta Sembiring juga terkena sanksi. Mulianta diberikan sanksi peringatan.

Dari informasi yang dihimpun, pencopotan itu bermula dari gugatan Caleg DPRD Deli Serdang dari Golkar, Jenda Muli terhadap KPU Deli Serdang.

Laporan itu terkait dugaan kecurangan yang diduga dilakukan penyelenggara di sejumlah TPS pada Pemilu beberapa waktu lalu. Kecurangan yang dilakukan terkait digaan pengurangan dan penambahan suara Caleg yang berakibat kerugian pada Jenda Muli.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *