Irjen Martuani: Permasalah Narkoba Sudah Menjadi Ancaman Besar di Sumut

MEDANHEADLINES.COM , Medan – Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin menyebutkan masalah peredaran dan penyalahgunaan narkoba sudah menjadi
ancaman besar di Sumut. Karena dampaknya bukan kepada orang per orang melainkan ke generasi mendatang.

Ini disampaikan perwira tinggi lulusan Akpol 1987 itu saat pemusnahan barang bukti usai Apel Kesiapan Polri, TNI dan Pemda dalam rangka pengamanan malam Tahun Baru 2020 di Lapangan Benteng Medan, Selasa (31/12/2019).

Martuani menjelaskan, pengungkapan terakhir yang dilakukan Polda Sumut beserta jajaran sampai hari ini menyita barang bukti 85 kilogram sabu, 10.775 butir pil ektasi dan 750 gram serbuk ekstasi. Tersangka yang diamankan 23 orang, 10 diantaranya adalah perempuan.

“Dari seluruh tersangka satu dilakukan tindakan tegas, tepat, keras dan terukur yang mengakibatkan dia meninggal dunia,” kata Martuani sebelum pemusnahan dilakukan.

Jederal bintang dua itu merincikan, barang bukti yang dimusnahkan dengan cara direbus yakni 49 kilogram sabu dari Ditresnarkoba Polda Sumut dan 36 kilogram Satres Narkoba Polrestabes Medan.

Minggu terakhir Desember 2019, sambung Martuani, Ditresnarkoba Polda Sumut ada melakukan penindakan ke delapan tersangka narkoba. Satu diantaranya meninggal dunia dan seorang lagi ditembak pada bagian kaki.

“Barang bukti yang disita dari mereka yakni 20 kilogram sabu, 1000 butir pil ekstasi, 2000 butir pil happy five. Namun, barang buktinya belum dapat dimusnahkan. Karena masih menunggu keputusan Pengadilan Negeri,” ucap Martuani.

Martuani menambahkan, 85 kilogram sabu itu sama dengan 85.000 gram. Berarti bisa dikonsumsi untuk 85 ribu orang, belum lagi 10.775 butir pil ektasinya. Ini menunjukkan bahwa masalah narkoba menjadi ancaman terbesar untuk generasi di Sumut.

Maka dari itu, dia mengajak masyarakat serta
media untuk sama-sama menyatakan perang terhadap narkoba. Selain itu, ia juga meminta dukungan dari TNI, BNNP Sumut, pemerintah kota dan Forkopimda Sumut untuk berbagi informasi terkait penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Katanya, sekecil apapun informasi yang disampaikan akan segera ditindaklanjuti.

“Sebagai penanggungjawab di Polda Sumut, saya berkomitmen untuk menindak tegas, keras, tepat dan terukur kepada semua pelaku narkoba. Mari selamatkan anak-anak kita dari penyalahgunaan narkoba karena dampaknya bisa merusak generasi Sumut yang hebat,” ungkap Martuani.

Pemusnahan narkoba disaksikan Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Danlantamal Belawan Laksamana TNI
Abdul Rasyid. Berikutnya Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Kapolrestabes Medan Brigjen Pol Dadang Hartanto, pejabat utama Kodam I/BB, Polda Sumut, Forkopimda Sumut tamu undangan dan wartawan. (Afd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *