Malam Pergantian Tahun, Pusat Keramaian Dan Tempat Ibadah Jadi Lokasi Prioritas Pengamanan

MEDANHEADLINES.COM, Medan – Pusat keramaian dan sejumlah tempat ibadah menjadi salah satu lokasi prioritas dalam pengamanan jalannya malam pergantian tahun di Sumatera Utara

Hal itu diungkapkan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin usai menggelar Apel Kesiapan Polri, TNI, Pemda dalam rangka pengamanan malam tahun baru 2020 di Lapangan Benteng, Selasa (31/12/2019) sore.

Martuani juga menambahkan, Dalam melakukan Pengamanan, Pihaknya juga akan mendapat bantuan dari Kodam I/Bukit Barisan (BB)

” Personil sudah kita sebar baik yang tertutup maupun yang berpakaian dinas di tempat-tempat kerawanan tertentu,” Jelasnya.

Selain itu, Martuani menjelaskan, jika pihaknya juga akan melakukan pengamanan bagi masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun di jalanan. Pengaman yang disiapkan itu, terutama di untuk kawasan Brastagi, Siantar, maupun juga Kota Medan.

“Karenanya kami mengimbau kepada pengguna jalan raya agar menghargai pengguna jalan lain, karena jalan itu adalah milik bersama. Begitu juga kalau sudah lelah silahkan istirahat di rest area yang sudah ditentukan,” ucapnya.

Terkait kemungkinan adanya ancaman teror, Martuani menjelaskan, dari hasil konsultasi intelijen dan koordinasi BINDA, pihaknya akan memperioitaskan kemungkinan kalau ada hal-hal yang mengandung teror. Sedangkan untuk kejahatan konvensional, ia juga mengakui bahwa potensinya juga tetap ada.

“Kalau informasi yang di Tebing Tinggi itu, pelaku mengalami gangguan jiwa sehingga mengaku membawa bom,” jelasnya.

Namun begitu, Martuani juga meminta kepada seluruh masyarakat agar melaksanakan perayaan tahun baru agar tidak dilakukan dengan cara yang berlebihan. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan kepada orang lain.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah berharap, malam pergantian tahun ini dapat berjalan aman dan lancar.

“Tentu sepanjang mengikuti aturan, tertib hukum, dan sebagainya, kewajiban kita semua adalah mengamankan. Untuk itu kami berpedoman kepada pengamanan kamtibmas yang disiapkan oleh Polda Sumut, dan pada prinsipnya kami mendukung,” pungkasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *