Rapat di DPR RI, Ini Yang Dilakukan Menkes Terawan

Menkes Terawan rapat dengan Komisi IX [Suara.com/Dini]

MEDANHEADLINES.COM – Pertama kalinya setelah menjadi Menteri Kesehatan RI, Dr. Terawan Agus Putranto, SpRad atau yang akrab disapa Menkes Terawan menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR-RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019)

Sebagai RDP pertama, maka acara lebih banyak diisi dengan perkenalan dan jabatan tangan antar pemerintah khususnya Menkes Terawan. Sejak pukul 14.00 WIB Menkes Terawan sendiri telah hadir di komisi IX DPR.

Tak menunggu lama, saat datang Menkes Terawan langsung disambut para anggota DPR yang sebagian besar anggota baru. Hampir seluruh anggota disalami oleh Terawan yang tak berhenti tersenyum.

Ada perilaku unik dari Menkes Terawan saat tiba di mejanya, dengan bahasa jawa ia melihat-lihat meja dengan label Menteri Kesehatan RI. Ia sibuk bertanya-tanya dimana meja para staf-stafnya yang ada disampingnya.

“Jeneng’e sopo? (Namamu siapa?),” tutur Terawan sambil sibuk membaca nama-nama yang ada di meja bagian pemerintah.

Pertanyaan itu dilontarkan Menkes Terawan seraya membantu staf pemerintahan lain yang mencari mejanya. Menkes Terawan memang banyak berkomunikasi menggunakan Bahasa Jawa, mengingat ia memang kelahiran Yogyakarta dan banyak juga staf pemerintah yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

RDP kali ini memang dipenuhi dengan gelak tawa, bahkan tawa semakin menggelegar saat mengetahui sebagian besar anggota DPR, pernah mendapat perawatan ‘tangan dingin’ mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu dan berhasil sembuh dari stroke.

Percakapan lucu juga terjadi saat RDP baru dimulai dan suara Terawan terdengar kecil serta bergetar dikomentari salah satu anggota DPR Komisi IX, Abidin Fikri.

“Interupsi sebentar, Pak menteri lagi sakit?,” tanya Abidin.

“Tidak bapak, saya hanya bergetar karena grogi,” jawab Menkes Terawan disambut gelak tawa.

“Anggap aja di depan ini pasien bapak, agar tidak grogi. Mic nya di dekatkan, agar suaranya jelas,” tutur anggota fraksi PDIP itu.

“Maafkan saya, karena lihat mic ini agak deg-degan,” celetuk Terawan.

Sementara itu, tidak hanya Kemenkes RI, ada juga BPOM, BKKBN dan Dirut BPJS Kesehatan yang turut serta menghadiri RDP yang selain perkenalan, juga fokus membahas Stunting dan BPJS Kesehatan. (red/suara.com)

Please follow and like us:
error0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *